AdaKami.id – Kebutuhan masyarakat menjelang lebaran cenderung meningkat. Mulai dari membeli tiket mudik, baju baru, hingga bahan makanan untuk lebaran. Biasanya, masyarakat mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Apabila TemanKami juga ingin memanfaatkan momen Ramadan untuk menambah penghasilan, kamu bisa menjual beberapa barang yang identik dengan Ramadan. Berikut beberapa ide jualan dengan modal minim yang bisa kamu coba:

  1. Jual Makanan atau Minuman
    TemanKami bisa menjual makanan atau minuman takjil. Kamu bisa membuat beberapa menu takjil yang tidak memerlukan modal banyak. Contoh beberapa makanan yang mudah dibuat dan tidak memerlukan modal banyak, di antaranya tempe mendoan, lontong, dan es buah. Selain itu, kamu juga bisa membuat katering masakan rumahan untuk sahur. Biasanya, katering semacam ini banyak dicari oleh seseorang yang tinggal sendiri atau ngekos.
  2. Jual Amplop Unik
    Menjelang lebaran, tidak sedikit orang yang mencari amplop untuk berbagi THR. Hal ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk menjual amplop-amplop kreatif bertema lebaran. Kamu bisa menggunakan kain flanel, origami, atau bahan kreatif lainnya untuk membuat amplop unik.
  3. Jual Barang Secondhand
    Kalau TemanKami memiliki barang yang sudah tidak digunakan dan masih dalam kondisi yang baik, kamu bisa coba menjualnya. Kamu bisa mencoba menjual pakaian, elektronik, buku, atau barang-barang rumah tangga lainnya yang sudah tidak terpakai. Jangan lupa membersihkan, mengecek kondisi, atau bahkan mereparasi barang tersebut sebelum dijual agar menarik pembeli ya, TemanKami!
  4. Jual Kue Kering
    Salah satu hal yang identik dengan lebaran adalah kue kering. TemanKami bisa menjual beberapa jenis kue kering, seperti kue salju, nastar, kastengel, dan kue lainnya. Kalau kamu hobi atau ahli membuat kue, kamu bisa coba ide ini. TemanKami juga bisa mempromosikannya melalui media sosial.

TemanKami bisa memilih salah satu ide di atas untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kalau bisnismu berjalan lancar, kamu bisa melanjutkannya dan menjadikan usaha ini sebagai sumber penghasilan tambahan di setiap bulannya. Nah, kalau TemanKami bingung dalam mengatur keuangan selama Ramadan, kamu dapat membaca tips mengatur keuangan selama Ramadan di sini, ya!