AdaKami.id – TemanKami sudah siap menyambut Ramadan 2024? Nyatanya, ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadan, termasuk mengatur keuangan. 

Seperti yang kita tahu, harga sembako biasanya semakin meningkat menjelang bulan Ramadan hingga Idulfitri nanti. Meskipun pengeluaran makan dan minum berkurang saat siang hari, tetapi kenyataannya pengeluaran saat Ramadan cenderung meningkat dibandingkan bulan lainnya. 

Oleh karena itu, TemanKami perlu mengatur keuangan dengan baik agar kondisi finansial tetap sehat sehingga waktu sebulan penuh bisa digunakan untuk fokus beribadah. Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan efektif di bulan Ramadan? Simak penjelasannya secara lengkap di bawah ini, ya!

Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut tujuh strategi cerdas mengatur keuangan untuk mengantisipasi bengkaknya pengeluaran.

1. Buat Rencana Keuangan selama Ramadan

TemanKami bisa membuat rencana berupa daftar prioritas apa saja yang dibutuhkan selama Ramadan berlangsung. Misalnya, jumlah anggaran untuk kebutuhan berbuka dan sahur, jumlah anggaran untuk membayar tagihan bulanan, serta jumlah anggaran untuk kebutuhan pokok lainnya.

Baca Juga:

Perencanaan Budget Kuliah di Luar Negeri

Selain itu, cobalah buat rencana anggaran yang akan dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan menjelang Idulfitri, seperti membeli pakaian baru, membeli atau memasak makanan lebaran, menyiapkan amplop  THR, dan lain sebagainya. 

Perlu diingat! Pengeluaran seperti ini harus disesuaikan dengan pemasukan TemanKami, ya! Hal ini dilakukan agar uang yang dikeluarkan dapat terkendali.

2. Buat Prioritas

Setelah membuat rencana anggaran, langkah selanjutnya adalah menyusun daftar pengeluaran berdasarkan prioritas. TemanKami bisa mengaturnya mulai dari pengeluaran tertinggi sekaligus menjadi prioritas utama, kemudian diikuti pengeluaran lainnya.

Meskipun ada banyak penawaran atau diskon menarik selama bulan Ramadan, TemanKami juga harus ingat untuk membeli barang yang benar-benar diperlukan selama bulan Ramadan.

3. Pisahkan Pengeluaran Bulan Ramadan dan Pengeluaran Idulfitri

Ada baiknya TemanKami membedakan pengeluaran saat bulan Ramadan dan pengeluaran saat Idulfitri. Sebab, keduanya memiliki jenis pengeluaran yang berbeda, tetapi memakan jumlah yang cukup besar. Untuk itu, kita perlu mencatat pengeluaran tersebut secara terpisah. 

4. Buat Daftar Menu Buka Puasa dan Sahur

Cara lain yang bisa TemanKami lakukan adalah membuat daftar menu berbuka puasa dan sahur selama Ramadan. Selain dapat membuat hidangan Ramadanmu variatif dan menarik, cara ini juga bisa membantumu menjaga kondisi finansial tetap sehat. 

Tak hanya itu, kamu juga perlu melakukan budgeting untuk buka bersama di luar.

5. Belanja di Awal Bulan Ramadan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, biasanya berbagai macam kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan harga saat Ramadan hingga Idulfitri.

Untuk mengantisipasi hal ini, TemanKami bisa membeli barang-barang pokok sebelum memasuki bulan Ramadan. Contohnya, beras, minyak, gula, dan lain sebagainya.

6. Catat Pengeluaran Harian

Meskipun TemanKami sudah membuat rencana keuangan di awal bulan  Ramadan, kamu juga perlu mencatat pengeluaran harian agar bisa mengetahui berapa banyak uang yang telah dihabiskan.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apakah pengeluaran harianmu sudah sesuaidengan rencana yang telah dibuat. Kalau kelihatannya berlebihan, kamu bisa mengontrolnya kembali ke rencana awal. Tentunya, hal ini akan membantumu untuk terus menjaga kesehatan keuangan.

7. Jaga Komitmen Rencana Awal hingga Akhir

Berkaitan dengan poin sebelumnya, TemanKami harus menjaga komitmen untuk mengikuti rencana yang sudah dibuat. Jangan sampai rencana tersebut menjadi sia-sia sehingga kondisi keuangan menjadi terganggu dan berantakan. Kuatkanlah motivasi kamu dalam menjaga perencanaan keuangan dari awal agar komitmen lebih kuat, misalnya dengan komitmen ini maka uang THR kamu bisa ditabung atau bisa menabung untuk self-reward. Yakinlah bahwa kamu bisa ya, TemanKami!

Baca Juga:

Cara Hitung Dana Darurat yang Ideal

Mengingat bulan Ramadan semakin dekat, mulailah menerapkan tips-tips di atas agar kondisi keuanganmu tetap sehat selama bulan Ramadan ya, TemanKami!  Untuk menjaga agar tidak terjebak diskon selama Ramadan, kamu bisa mengenal lima jebakan diskon lewat artikel AdaKami yang lain di sini