Adakami.id – Apakah TemanKami sudah membuat perencanaan keuangan bulan ini? Perencanaan keuangan adalah salah satu langkah penting untuk mencapai kebebasan finansial. Saat memasuki awal bulan, biasanya para ibu akan membuat rencana keuangan. Perencanaan ini adalah kunci utama untuk memastikan keuangan tetap sehat hingga akhir bulan. Rencana  keuangan yang dilakukan tiap awal bulan dapat membantu kamu membagi pengeluaran sesuai kebutuhan dan keinginan. Contohnya, membeli kebutuhan pokok, membayar tagihan, menabung, serta menyiapkan dana darurat. Hal ini bisa membantu kamu terhindar dari pemborosan dan utang yang berlebihan.

Tidak dapat dipungkiri, melakukan pengeluaran sesuai rencana bukanlah hal yang mudah, apalagi ketika kamu , menemukan diskon atau promo menggoda saat belanja bulanan. Hal ini bisa menjadi faktor yang membuat pengeluaranmu membengkak. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk hemat:

  1. Sisihkan Bukan Sisakan
    Alokasikan uang yang kamu miliki untuk kebutuhanmu. Sisihkanlah uangmu terlebih dahulu sesuai kebutuhanmu. TemanKami juga perlu ingat untuk menyisihkan sebagian uangmu untuk tagihan, tabungan, dan dana darurat, ya!
  2. Catat Cashflow
    Pencatatan cashflow bisa membantu kamu memeriksa pengeluaran yang telah terjadi sehingga cashflow yang terjadi bisa sesuai perencanaan yang kamu buat.
  3. Manfaatkan Promo
    TemanKami bisa memanfaatkan promo atau diskon yang ada. Tapi, pikirlah matang-matang sebelum kamu mengeluarkan uang saat membeli barang. Jangan sampai melakukan pembelian yang impulsif, ya!

Perencanaan keuangan di awal bulan dapat menjadi pedomanmu dalam membelanjakan uang yang kamu punya. TemanKami bisa menerapkan tips di atas untuk melakukan perencanaan keuangan. Kamu juga bisa lihat tips lainnya agar tetap hepi sampai akhir bulan di artikel ini, ya!