AdaKami.id – TemanKami, Ramadan merupakan bulan istimewa dan momentum yang tepat untuk meningkatkan produktivitas. Salah satunya, kamu bisa membaca buku sebagai kegiatan pengganti makan siang atau saat menunggu waktu berbuka yang biasa kita kenal dengan ngabuburit. Dengan membaca, kamu tidak hanya menghabiskan waktu, tetapi juga menambah wawasan. 

Salah satu tema buku yang bisa kamu baca adalah buku finansial agar literasi keuangan bertambah dan bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan . Berikut ini 3 rekomendasinya!

1. The Psychology of Money – Morgan Housel

“Money’s greatest intrinsic value—and this can’t be overstated—is its ability to give you control over your time.”

– Morgan Housel

Di buku ini, Morgan Housel berusaha menyampaikan bahwa kondisi keuangan seseorang ternyata sangat dipengaruhi oleh kondisi psikologis atau pola pikir dirinya sendiri. Menurutnya, seseorang yang mampu mengelola uang dengan bijak berbanding lurus dengan kemampuannya dalam mengelola emosi. Dengan begitu, uang yang dimilikinya tidak berlalu begitu saja. Begitu pula sebaliknya, seseorang yang selalu menuruti emosinya akan sulit mengatur keuangan karena ia hanya berfokus pada keinginannya menghabiskan uang tanpa berpikir untuk menabung di masa depan.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? TemanKami bisa mendapatkan jawabannya dalam buku ini! Housel membahas bagaimana cara mengatur emosi dengan baik agar kesehatan finansial kita tetap terjaga dalam sembilan belas cerita pendek. Cerita yang disampaikan bisa membuatmu menemukan sudut pandang baru dalam menyikapi uang yang kamu miliki. Terdengar menarik kan, TemanKami? Mulai baca buku ini dari sekarang, yuk!

2. Financial Freedom – Grant Sabatier

“Money will be with you for the rest of your life, so take the time to build a positive relationship with it—a relationship that you control.”

– Grant Sabatier

Buku ini menceritakan perjalanan sang penulis, Grant Sabatier, ketika ia berusaha mencapai kebebasan finansial di usia 30 tahun. Ia percaya bahwa kebebasan finansial tidak hanya tentang memiliki kekayaan yang melimpah, tetapi juga memiliki kontrol atas masa depan finansial tersebut.

Meskipun dikemas dengan cerita pengalaman pribadi, Grant Sabatier berhasil menjelaskan langkah-langkah dan strategi khusus mencapai kebebasan finansial yang dapat diikuti oleh pembacanya. Contohnya, otomatisasi keuangan, melacak pengeluaran, dan berinvestasi secara disiplin. 

3. Kakeibo – AE Zen

“Uang tidak membuatmu bebas secara finansial; hanya kamu yang bisa membuat dirimu bebas secara finansial.”

– AE Zen

TemanKami pernah merasa uang gajian habis begitu saja tanpa terkontrol? Kalau iya, kamu perlu membaca tulisan AE Zen yang membahas metode Kakeibo untuk mengatur keuanganmu. Metode Kakeibo (rekening rumah tangga) adalah suatu metode pencatatan keuangan secara manual untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih sehat.

Dalam Kakeibo, keuanganmu akan dikategorikan menjadi beberapa pos kelompok, seperti tabungan, belanja harian, tagihan, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga wajib mencatat pengeluaran sekecil apa pun agar keuanganmu tetap terkontrol dengan baik.

Bukan hanya itu, buku ini juga akan menjelaskan bagaimana cara mengelola keuangan secara optimal agar kamu bisa menabung lebih banyak. Harapannya, para pembaca terbebas dari penyakit boros, shopaholic, panic buying, dan kebiasaan finansial yang buruk lainnya.

Selain menjadi opsi bacaan saat Ramadan, buku-buku di atas juga direkomendasikan untuk kamu baca kapan pun dan di mana pun ya, TemanKami! Kamu bisa mempraktikkan berbagai saran atau tips dari ketiga buku tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjaga agar keuangan tetap stabil selama Ramadan, kamu bisa mengetahui berbagai tipsnya lewat artikel AdaKami yang lain di sini.