AdaKami.id- Beberapa orang memiliki mimpi untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Memang hal itu bukanlah hal yang mudah karena banyak yang harus diperjuangkan, seperti nilai IELTS, tes masuk universitas di negara sasaran, dan biaya hidup yang perlu dipertimbangkan. Sehingga penting sekali bagi Teman kami yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri untuk membuat budget plan.

Budget plan adalah rencana anggaran keuangan yang dibuat agar uang yang masuk dan keluar tercatat sesuai rencana. Menyusun budget plan untuk persiapan kuliah di luar negeri agar pengeluaran tetap terkendali. TemanKami bisa meminta saran dari senior atau mahasiswa internasional yang sudah lebih berpengalaman. Dari situ, TemanKami bisa menemukan informasi mengenai berapa besar perkiraan biaya hidup yang dibutuhkan untuk berkuliah di negara tujuan. Pastikan TemanKami membuat budget plan dari jauh-jauh hari.

Setelah mantap untuk melanjutkan kuliah di negara tujuan, TemanKami perlu memperhitungkan berapa biaya hidup di negara tersebut. Cenderung tinggi atau rendah. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan mengenai biaya hidup.

  1. Opsi pekerjaan sampingan

Jika cenderung tinggi dan bekal keuangan kurang mencukupi, TemanKami bisa memilih opsi untuk mencari pekerjaan sampingan. Coba cari informasi lewat teman-teman atau kerabat TemanKami yang berada di negara tersebut mengenai pekerjaan sampingan yang tersedia. 

  1. Biaya sewa tempat tinggal

Selain itu, biaya hidup juga meliputi biaya sewa selama di sana. Coba cari tahu biaya sewa tempat tinggal yang dekat kampus atau di tengah kota yang bisa menjadi tempat tinggal TemanKami. Ketahui juga berapa harga apa saja fasilitas dan sarana yang ditawarkan seperti listrik, laundry, biaya kebersihan setiap bulan, dll.

  1. Biaya makan

Budget untuk makan selama berada di negara orang  juga perlu dipertimbangkan karena kurs mata uang setiap negara yang berbeda mempengaruhi harganya. TemanKami bisa memulai dengan menghitung biaya makanan serta kebutuhan pokok lainnya seperti peralatan mandi dan perawatan diri. TemanKami juga perlu mencari informasi seputar harga makanan yang ada di sekitar kampus dan tempat tinggal. Coba bayangkan gambaran makanan apa saja yang bisa dikonsumsi setiap harinya. Lalu perhitungkan apakah TemanKami bisa lebih berhemat dengan memasak atau tidak. TemanKami juga bisa melakukan survei ke sejumlah supermarket mengenai harga bahan makanan Indonesia yang halal, lalu hitung berapa biaya yang diperlukan per bulannya.

  1. Biaya Transportasi

Jika TemanKami tinggal di sekitar kampus tentunya tak perlu memikirkan biaya transportasi. Tapi jika letak kampus dan tempat tinggalmu berjauhan, coba hitung berapa banyak dana yang diperlukan setiap bulan untuk transportasi umum. Cari tahu juga apakah TemanKami bisa menyewa sepeda untuk menghemat biaya transportasi. TemanKami juga bisa mendapatkan diskon dengan student card atau International Student Identity Card (ISIC).

  1. Biaya kebutuhan sekunder

TemanKami juga perlu memperhitungkan biaya kebutuhan sekunder. Jika TemanKami sekolah di negara dengan empat musim, siapkan budget untuk membeli pakaian yang dibutuhkan sesuai cuaca dan musim. Hitung juga berapa biaya perlengkapan sekolah yang perlu disediakan. Kebutuhan seperti pakaian dan perlengkapan merupakan bagian dari kebutuhan sekunder.

  1. Biaya hiburan dan interaksi sosial

TemanKami perlu juga menyiapkan budget untuk hiburan dan interaksi sosial untuk menjaga kesejahteraan batin dan kesehatan mental. Mulailah dengan membuat kalkulasikan berapa biaya menonton film di bioskop atau piknik ke tempat rekreasi selama sebulan, dll. Hitung juga besaran biaya yang diperlukan untuk berinteraksi dengan orang-orang baru per bulannya, seperti biaya hangout di cafe atau makan di restoran sesekali bersama teman.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang perlu TemanKami pertimbangkan saat menyusun budget plan untuk kuliah di luar negeri. Jika TemanKami benar-benar ingin memangkas biaya kuliah di luar negeri, kamu bisa memanfaat berbagai beasiswa yang disediakan pemerintah Indonesia atau negara tujuan. Selamat berjuang bagi TemanKami yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri! Pengetahuan TemanKami pasti sangat berguna bagi bangsa dan negara.

(*)

By F