Membangun bisnis tanpa modal memang terdengar sulit dipercaya, namun bukan berarti membangun bisnis harus mengeluarkan banyak modal, Kamu tetap bisa berbisnis meski modal sedikit.

Membangun bisnis tanpa modal sudah bisa dilakukan, kunci bisnis tanpa modal adalah memanfaatkan sumber daya dan kemampuan yang kamu miliki.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips tentang cara membangun usaha tanpa modal. Bagaimana caranya? Silahkan baca penjelasannya berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal

Jika kamu adalah seseorang yang ingin menjadi wirausahawan namun tidak punya modal, kamu bisa coba beberapa tips berikut ini untuk mewujudkan keinginan Kamu.

1. Mulai dari Apa yang Kamu Miliki

Membangun bisnis yang sukses itu dimulai dari bagaimana kamu menggunakan sumber daya yang ada dan kamu miliki. Hal ini bisa menjadi langkah awal untuk mencari ide bisnis yang bisa kamu kembangkan.

Kamu bisa mulai dengan menanyakan beberapa pertanyaan berikut ini kepada diri kamu sendiri:

  1. Bidang apa yang saya kuasai?
  2. Apa saja keahlian saya?
  3. Apakah saya memiliki minat tertentu yang bisa diubah menjadi bisnis?
  4. Aset apa saja yang saya punya sekarang?

Bahkan kamu juga bisa mulai membangun bisnis dengan memanfaatkan berbagai kompetensi dasar yang kamu miliki. Bisa juga dengan memanfaatkan aset yang kamu punya seperti HP dan Laptop.

2. Pertahankan Pekerjaan Kamu

Memutuskan berhenti dari pekerjaan ketika sedang eksplorasi hasrat kamu untuk memulai sebuah bisnis memang terdengar bagus.

Namun sebenarnya ini bukan solusi yang baik untuk dilakukan. Memang benar kalau pebisnis sukses tidak boleh takut mengambil risiko, namun tetap harus realistis.

Langkah yang paling tepat adalah tetap bekerja saat baru mulai membangun bisnis. Karena pekerjaan yang kamu miliki bisa menjadi jaminan untuk mendapat penghasilan yang tetap.

Dengan gaji dari pekerjaan tersebut kamu bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari karena penghasilan dari bisnis yang baru kamu mulai belum cukup, bisa juga untuk suntikan modal bisnis kamu.

Bekerja sambil menjalankan bisnis memang sangat melelahkan. Namun jika Kamu tetap bertahan tidak menutup kemungkinan beberapa bulan kemudian bisnis Kamu jadi lebih baik.

3. Rela Bersusah Payah

Jika kamu sangat ingin memulai bisnis tanpa modal, maka kamu harus siap melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuan kamu karena jika kamu tidak punya modal, persaingan akan semakin sulit.

Mulai dari berhadapan dengan para konsumen, pengiriman produk, sampai dengan menyebarkan brosur di tempat-tempat umum untuk menarik perhatian para pelanggan

Menjalankan bisnis sendiri tanpa modal sangatlah sulit dan melelahkan, ditambah lagi hasilnya yang belum tentu berhasil dan sukses.

Namun meski begitu kamu harus tetap semangat dan harus percaya bahwa jerih payah yang kamu lakukan pasti akan mendapat hasilnya nanti.

Selain itu karena kamu menjalankan semuanya sendirian, kamu akan lebih menguasai fungsi dan berbagai hal tentang bisnis lebih mendalam.

4. Mengandalkan Platform Online

Mengandalkan platform online sangatlah berguna terutama untuk sebuah bisnis yang baru dibangun. Ada banyak cara untuk memulai bisnis online tanpa modal.

Kamu bisa mulai dengan membangun website, dengan website ini kamu bisa mempromosikan bisnis secara efisien dan praktis. Kamu juga bisa menjangkau pelanggan lebih banyak.

Membangun toko online lebih hemat karena biaya yang diperlukan lebih murah dibanding membangun toko offline. Selain itu kamu juga tidak perlu mencetak brosur.

Keuntungan lain dari toko online adalah bisa buka 24 jam, jadi pelanggan yang mau order di jam 1 malam tetap bisa mengakses dan membeli di toko kamu.

Kamu juga bisa mengkreasikan ide-ide produk baru kamu ke toko online dengan mudah, tidak seperti toko offline. Selain keuntungan tadi masih banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapat.

5. Jelajahi Crowdfunding

Terakhir, jika kamu merasa bisnis kamu bisa menarik banyak orang, kamu bisa mempertimbangkan Crowdfunding. Platformnya sendiri ada Indiegogo, Kickstarter, dan Gofundme untuk mencari. Platform tersebut bisa memudahkan kamu dalam mencari bantuan modal.

Sedangkan di Indonesia sendiri ada beberapa situs Crowdfunding seperti Akseleran, Gandengtangan, Kitabisa.com, Kolase.com, dan Ayopeduli.

Sudah Siap Memulai Bisnis Tanpa Modal?

Berdasarkan penjelasan tadi, bisa disimpulkan bahwa untuk memulai bisnis tanpa modal bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Kamu bisa mulai dengan mencari ide kreatif dan belum pernah ada.

Setelah itu kamu harus fokus untuk meningkatkan kemampuan yang kamu punya, jangan lupa juga untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Jadi intinya kamu harus tetap semangat dan jangan biarkan kekurangan dana yang kamu miliki menghalangi kamu meraih impian untuk memulai bisnis sendiri.

Dengan kerja keras, kesungguhan, perencanaan yang matang, optimis, maka Kamu bisa mewujudkan ide bisnis yang kamu miliki.