Tidak hanya menjanjikan penghasilan yang melimpah, jadi YouTuber pun berpeluang membuat kamu makin dikenal banyak orang. Bahkan jika beruntung, kamu bisa jadi selebriti hanya dengan bermodalkan satu video yang viral di dunia maya.

Dengan motivasi tersebut, akhirnya banyak orang yang tertarik mencoba profesi sebagai YouTuber. Namun sebelum memutuskan untuk jadi YouTuber, siapkan dulu beberapa perangkat berikut ini.

  1. Smartphone

Perangkat paling dasar yang wajib kamu miliki untuk jadi seorang YouTuber pemula adalah smartphone. Selain untuk berkomunikasi dan mengambil video, smartphone pun bisa kamu gunakan untuk merekam dan menyunting video sebelum di upload ke channel YouTube kamu.

Namun kelemahannya, terkadang suara hasil rekaman yang dihasilkan dari mic smartphone standar kurang maksimal. Untuk mengakalinya, usahakan kamu membeli mic eksternal berkualitas tinggi. Jangan khawatir, banyak kok yang harganya di bawah 100 ribuan tapi kualitasnya cukup baik.

  1. Tripod

Kamu pernah lihat kan video yang terlihat goyang-goyang? Yup, video yang terlihat goyang-goyang bukan hanya akan membuat kualitas video menjadi jelek, tapi juga akan membuat kamu terlihat sangat amatiran. Tentu saja ini nggak nyaman saat ditonton.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tripod untuk mengurangi resiko kamera bergoyang. Tapi ingat, sesuaikan dengan konsep video yang ingin kamu tampilkan. Khusus untuk konsep adventure, sepertinya lebih baik gunakan tongsis saja.

  1. Action Cam

Dengan adanya smartphone, sebenarnya kamu sudah bisa mengambil video dengan kualitas yang lumayan. Namun yang jadi masalah, khusus untuk channel YouTube bertema adventure, menggunakan smartphone justru bisa berbahaya dan membuat esensi petualangannya terasa kurang pas.

Maka dari itu, kamu sebaiknya beli action cam. Jangan khawatir, harga action cam cukup terjangkau untuk standar YouTuber pemula. Dalam beberapa momen, kamu pun bisa memadukan action cam dengan kamera yang ada di smartphone untuk menambah angle pengambilan gambar.

  1. Lighting

Kembali ini disesuaikan dengan konsep channel YouTube kamu. Jika kamu lebih banyak menampilkan video di luar ruangan dengan kondisi cahaya matahari yang memadai, gambar dari kamera smartphone atau action cam sudah bisa dibilang layak ditampilkan di YouTube.

Tapi jika konsep video yang ingin ditampilkan lebih formal, lebih banyak berada di ruangan, kebutuhan lighting jadi hal yang utama. Tapi ingat, ini bisa diakali dengan membuat DIY Lighting. Cari saja tutorialnya di YouTube, banyak kok. Mudah dan jauh lebih murah.

  1. Kartu Memori

Memang sih video yang ditampilkan di YouTube paling lama hanya sekitar 20-30 menit dengan resolusi tertinggi 720p. Tapi faktanya, kamu akan butuh banyak video untuk diseleksi mana video yang layak ditampilkan, dan mana yang sebaiknya dibuang. Proses ini sepenuhnya dilakukan saat penyuntingan.

Nah mengingat kapasitas memori internal smartphone yang terbatas, dan video yang dihasilkan umumnya masih berkualitas UHD, kamu wajib menyediakan tambahan kartu memori. Makin besar kapasitasnya, makin baik. Sediakan juga beberapa memori tambahan sebagai cadangan.

Kembali ditegaskan, perlengkapan di atas termasuk dalam perlengkapan standar yang wajib dimiliki YouTuber pemula. Jika sudah punya penghasilan yang cukup, jangan lupa untuk membeli perlengkapan tambahan agar konten yang kamu sajikan semakin menarik. Selamat mencoba!