Adakami.id – Hari Raya Idul Fitri memiliki makna hari kemenangan bagi umat Muslim yang telah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh selama Bulan Ramadhan. Selain identik dengan hari kemenangan, hari raya Idul Fitri juga menjadi momen dimana masyarakat menantikan Tunjangan Hari Raya (β€œTHR”).

THR sendiri menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Tidak jarang karena terlalu antusias merayakan hari raya, masyarakat malah membelanjakan THR secara impulsif. Seperti membeli baju baru, sepatu baru, dan barang-barang konsumtif lainnya. Akhirnya, uang THR yang sebenernya bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lama, habis dalam waktu singkat.

Tim AdaKami telah mengumpulkan beberapa tips mengatur uang THR yang bisa kamu terapkan agar kamu bisa menikmatinya untuk jangka waktu lama:

  1. Susun prioritas hal-hal yang perlu kamu beli.
    Adanya susunan prioritas yang telah kamu buat, akan membantu kamu dalam mengalokasikan anggaran. Kamu bisa menyisihkan 40 persen dari THR untuk membeli kebutuhan pokok hari raya.
  2. Buat catatan pengeluaran THR
    Mencatat pemasukan dan pengeluaran menjadi salah satu hal penting dalam mengatur keuangan. Catatan pengeluaran THR kamu akan membantu kamu mengontrol keuanganmu. Dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi perencanaan keuangan dan persiapan lebaranmu untuk perencanaan yang lebih matang.
  3. Lunasi Utang
    THR merupakan pemasukan tambahan yang bisa kamu manfaatkan untuk melunasi utang yang kamu punya. Dengan lunasnya utang yang kamu punya, kamu dapat merayakan lebaran dengan lebih nyaman dan tidak pusing tentang utang. Kamu bisa menyisihkan 10 – 30 persen dari THR kamu untuk melunasi utang atau cicilan yang kamu punya.
  4. Tabungan dan Investasi
    Jangan lupa sisihkan THR kamu untuk tabungan dan investasi. Kamu dapat menyisihkannya sebesar 20 persen dari THR. Dengan begitu, setelah momen hari raya habis, kamu masih memiliki tabungan untuk keperluan lainnya di masa yang akan datang.
  5. Berbagi dengan orang lain sesuai kemampuan
    Di Momen Idul Fitri, kamu mungkin memiliki keinginan untuk berbagi kepada orang terdekat. Namun, pastikan untuk memberi orang lain sesuai kemampuanmu ya. Pastikan kebutuhanmu terpenuhi lebih dahulu. Kamu dapat menyisihkan 10 persen dari THR kamu untuk membayar zakat dan sedekah.
  6. Hindari membeli barang secara impulsif
    Biasanya, banyak e-commerce yang memberikan diskon untuk memeriahkan hari lebaran. Seringkali, adanya diskon ini juga yang membuat masyarakat membelanjakan THR-nya secara impulsif untuk barang-barang yang konsumtif.

Jangan lupa setelah hari raya Idul Fitri masih ada kehidupan yang perlu kamu jalani. Maka jangan habiskan THR kamu dalam satu waktu. Tips di atas dapat membantu kamu untuk mengatur uang THR yang kamu terima. Dengan begitu, kamu dapat menyisihkan uang THRmu untuk kebutuhanmu di masa yang akan datang.

Sumber:

HaiBunda.com. (2023, April 10). 7 Cara Mengatur THR agar Tidak Numpang Lewat, Bunda Perlu Tahu. Retrieved from HaiBunda.com: https://www.haibunda.com/moms-life/20230406113847-76-301800/7-cara-mengatur-thr-agar-tidak-numpang-lewat-bunda-perlu-tahu

medcom.id. (2023, April 11). Begini Cara Mengelola THR Supaya Gak Numpang Lewat, Patut Dicoba Ya! Retrieved from Medcom.id: https://www.medcom.id/ekonomi/keuangan/8koMg4lN-begini-cara-mengelola-thr-supaya-gak-numpang-lewat-patut-dicoba-ya

Tirto.id. (2023, April 11). 10 Cara Mengatur Uang THR & Mengelolanya Agar Tidak Cepat Habis. Retrieved from Tirto.id : https://tirto.id/10-cara-mengatur-uang-thr-mengelolanya-agar-tidak-cepat-habis-gEtb