AdaKami.id – Meminjam uang merupakan hal yang umum dilakukan oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan finansial, mulai dari pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Namun, banyak yang terjebak dalam jeratan utang karena kurangnya kesadaran tentang tanggung jawab dalam meminjam. TemanKami perlu tahu bahwa dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan pesat dalam penggunaan pinjaman online atau peer-to-peer lending (P2P lending) di Indonesia. Menurut catatan IDX Channel, jumlah pengguna P2P lending di  Jakarta yang mencapai 23 juta orang dengan total pinjaman mencapai Rp105 triliun dan masih terus meningkat. Sedangkan berdasarkan data outstanding P2P Lending pada April 2023 mencapai Rp50,53 trilliun dan angkanya meningkat 28,11% menjadi Rp51,46 triliun pada Mei 2023. Meminjam bukanlah hal yang buruk jika kamu bisa meminjam dengan bijaksana dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, penting bagi TemanKami untuk memahami konsep responsible borrowing agar terhindar dari masalah keuangan di masa depan.

Apakah Responsible Borrowing itu?

Responsible borrowing sendiri adalah tentang membuat keputusan yang bijaksana dalam meminjam uang, memahami implikasi keuangan, dan memiliki rencana yang solid untuk melunasi pinjaman. Menurut The Investor and Financial Education Council (IFEC) konsep responsible borrowing menekankan bahwa meminjam merupakan tindakan yang serius dan perlu dipertimbangkan dengan matang. Salah satunya, kondisi keuangan yang perlu kamu hindari untuk berutang, seperti saat kamu memiliki kesulitan untuk membayar kebutuhan sehari-hari, meminjam uang bisa membuat kamu berutang lebih banyak. Jika kamu berutang dalam keadaan ini, beban keuangan kamu dapat bertambah dan mempersulit kondisi keuanganmu. Ada beberapa hal yang TemanKami perlu pertimbangkan sebelum meminjam, beberapa diantaranya adalah:

  1. Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan. Jangan tergoda untuk mengambil limit pinjaman yang lebih besar, walaupun kamu memenuhi persyaratan untuk mengambil dalam jumlah yang lebih besar ya. TemanKami perlu ingat untuk menghitung besar pinjaman dan bunga yang harus dikembalikan ya. . Dengan demikian, pinjaman yang kamu dapatkan bisa membantu menyelesaikan masalah keuanganmu dan bukan menambah beban keuangan.
  2. Rencanakan keuangan kamu dengan baik. Perencanaan keuangan yang baik dapat menghindarkan kamu dari berutang. Meskipun berutang tidak selalu buruk, TemanKami perlu mempertimbangkan tujuan kamu berutang. Jika masih ada cara lain untuk mencapai tujuan tersebut, seperti dengan mengevaluasi perencanaan keuangan dan berhemat, sebaiknya gunakanlah cara tersebut. TemanKami juga perlu ingat bahwa besaran maksimal utang adalah 30% dari pendapatan yang kamu miliki dan jangan lupa untuk buat anggaran dana darurat untuk situasi yang tidak terduga ya!
  3. Bayar kembali pinjaman tepat waktu. Ketepatan waktu dalam mengembalikan pinjaman dapat mempengaruhi jumlah pinjaman yang perlu kamu bayarkan dan skor kredit. Semakin lama kamu mengalami gagal bayar, maka semakin banyak jumlah utang yang harus kamu lunasi, serta skor kredit kamu akan memburuk.

Oleh karena itu, dengan menerapkan responsible borrowing, TemanKami dapat menghindari masalah keuangan di masa depan. TemanKami perlu memastikan bahwa pinjaman yang kamu ambil sesuai dengan kemampuan membayar. Harusnya meminjam uang menjadi solusi bukan memperburuk kondisi keuanganmu. Nah, bagi TemanKami yang memiliki pinjaman di AdaKami, jangan lupa membayar pinjaman tepat waktu ya! Agar beban keuangan tidak bertambah dan skor kreditmu tetap baik. Yuk, jadi Generasi Bijak Finansial bersama AdaKami dengan menjadi peminjam yang bertanggung jawab!

Sumber:

IDX Channel. (2023, July 4). OJK Klarifikasi soal 2,3 Juta Warga Jakarta Terjerat Pinjol hingga Rp10,5 Triliun. IDX Channel. https://www.idxchannel.com/banking/ojk-klarifikasi-soal-23-juta-warga-jakarta-terjerat-pinjol-hingga-rp105-triliun/2

The Investor Financial Education Council (IFEC). (n.d.). IFEC. Responsible borrowing. https://www.ifec.org.hk/web/en/moneyessentials/debts-and-borrowing/before-you-borrow.page

Treece, K. (2021, February 10). Learn How To Borrow Money In Times Of Need With This Guide. Forbes. https://www.forbes.com/advisor/personal-loans/borrow-money/