AdaKami.id – TemanKami, di era digital seperti sekarang ini, hampir semua hal bisa diakses secara mudah hanya dengan sekali klik. Akan tetapi, di balik kemudahan itu, ada ancaman serius terhadap identitas diri kamu yang sering kali terabaikan, loh! Tanpa disadari, kita kerap memberikan informasi pribadi yang seharusnya tetap dirahasiakan. 

Data pribadi, seperti alamat rumah, nomor telepon, hingga informasi keuangan bisa menjadi target empuk bagi para pelaku kejahatan siber. Nah, sebelum terlambat, kamu harus #SelaluWaspada dan tahu identitas diri apa saja yang harus dijaga dan tidak boleh disebarkan ke orang lain di media sosial. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Identitas Diri yang Tidak Boleh Dibagikan di Dunia Maya

1. Foto KTP/SIM/Paspor

Foto KTP, SIM, atau paspor merupakan dokumen resmi berisi informasi pribadi yang sangat sensitif, seperti nomor identitas, nama lengkap, alamat, dan tanggal lahir. Apabila foto dokumen ini tersebar di media sosial, data tersebut dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai bentuk kejahatan, seperti pencurian identitas atau penyalahgunaan data. Dengan menggunakan informasi dari dokumen tersebut, penipu dapat membuat akun palsu, mengajukan pinjaman atas nama korban, atau melakukan tindakan ilegal lainnya. Oleh karena itu, TemanKami tidak boleh membagikan foto dokumen resmi di platform yang mudah diakses oleh publik, seperti media sosial.

2. Kode OTP

TemanKami, kode OTP (One-Time Password) adalah salah satu lapisan keamanan penting yang digunakan untuk memverifikasi identitas kamu saat mengakses layanan online, seperti transaksi perbankan atau log in akun. Kode ini bersifat unik dan hanya berlaku satu kali agar hanya kamu yang berhak melanjutkan proses verifikasi. Namun, jika kode OTP ini disebarkan di media sosial, orang lain bisa dengan mudah menyalahgunakannya untuk mengambil alih akun atau mengakses data pribadi TemanKami tanpa izin.

3. Tiket Pesawat/Kereta/Konser

Menyebarkan tiket pesawat, kereta, atau konser di media sosial adalah tindakan yang sebaiknya dihindari oleh TemanKami karena mengandung informasi sensitif yang bisa disalahgunakan. Seperti yang kita tahu,  sebuah tiket biasanya dilengkapi dengan kode QR atau barcode yang berfungsi sebagai akses utama ke acara atau layanan terkait. Apabila gambar tiket tersebut tersebar, orang lain bisa dengan mudah menduplikasi kode tersebut dan menggunakannya untuk masuk lebih dulu atau bahkan menggagalkan aksesmu sendiri. Tentu, hal ini akan merugikanmu sebagai pembeli tiket, TemanKami. 

Membagikan tiket di media sosial juga bisa memudahkan penjahat siber dalam mengumpulkan data pribadi. Sebab, banyak tiket yang memuat informasi sensitif, seperti nama lengkap, nomor penerbangan, atau jadwal perjalanan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kejahatan. Misalnya, pencurian identitas atau pelacakan aktivitas pribadi. Bahaya banget, kan, TemanKami?

4. Foto Tanda Tangan

Biasanya, tanda tangan digunakan sebagai bukti autentikasi dalam berbagai dokumen resmi, seperti perjanjian bisnis, kontrak, atau transaksi keuangan. Apabila foto tanda tangan TemanKami tersebar secara publik, penjahat dapat dengan mudah menyalin dan menggunakan tanda tangan tersebut untuk kepentingan pribadi mereka yang nantinya bisa berdampak buruk pada keamanan dan integritas data pribadi kamu.

5. Kode CVV

Kode CVV (Card Verification Value) adalah angka tiga atau empat digit yang terletak di belakang kartu kredit atau debit. Kode ini berfungsi sebagai langkah keamanan tambahan saat melakukan transaksi online dan memastikan bahwa pengguna yang memasukkan informasi kartu benar-benar memiliki kartu tersebut. 

Apabila kode CVV ini disebarluaskan di media sosial, maka potensi penyalahgunaan akan meningkat secara signifikan. Penjahat siber dapat dengan mudah menggunakan informasi ini untuk melakukan pembelian yang tidak sah.

Itu dia penjelasan mengenai beberapa data pribadi yang harus TemanKami jaga dan tidak disebarkan ke sembarang orang. Sekarang, saatnya untuk lebih bijak dan #SelaluWaspada dalam mengunggah sesuatu di media sosial, TemanKami! Kalau kamu ingin mengetahui cara menjaga data pribadi agar tetap aman, kamu bisa membaca artikel AdaKami lainnya di sini, ya!