Tidak sedikit orang yang kewalahan saat melunasi hutangnya. Apalagi, dengan gaji yang pas-pasan dan kebutuhan harian yang semakin mahal membuat sebagian orang-orang yang punya hutang benar-benar kesulitan untuk membayar cicilannya.

Jika tidak segera dilunasi, maka bisa saja di-blacklist atau masuk ke dalam daftar hitam Bank Indonesia. Hal ini bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk melakukan pinjaman ke beberapa lembaga keuangan. Pastinya, hal tersebut tidak ingin kamu alami bukan?

Nah, untuk membantu mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi saat ini, berikut 10 cara melunasi hutang paling cepat yang bisa kamu lakukan.

  1. Rekap Semua Hutang yang Dimiliki dan Dahulukan untuk Membayar Hutang dengan Bunga Tinggi

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah dengan merekap semua hutang yang kamu miliki saat ini. Nah, satu hal yang perlu ketahui, idealnya posisi cicilan kamu untuk membayar hutang tiap bulannya tidak lebih dari 30% gaji kamu. Jika cicilan hutang perbulan sudah mencapai lebih dari 30% per bulan maka dapat kondisi keuangan kamu sedang tidak sehat.

Apabila kamu memiliki beberapa hutang yang harus dibayarkan, maka hal terpenting yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah dengan mengurutkannya. Urutkan dari hutang dengan bunga yang paling tinggi.

  1. Cairkan Dana Tambahan dari Aset yang Dimiliki

Langkah berikutnya ialah dengan mencairkan dana tambahan dari aset yang dimiliki saat ini. Perhatikan beberapa barang atau aset yang dimiliki dan sudah tidak terpakai. Jual beberapa barang tersebut atau kamu bisa menggadaikannya untuk membantu melunasi hutang-hutang kamu.

  1. Minta Bantuan Saudara atau Teman yang Bisa Dipercaya

Cara ketiga dari 10 cara melunasi hutang paling cepat ialah meminta bantuan saudara atau teman yang bisa dipercaya untuk dimintai bantuan. Ceritakan dengan jujur kondisi keuangan kamu saat ini. Namun, jika sudah diberi bantuan berupa dana untuk mencicil hutang kamu, jangan lupa untuk melunasinya.

  1. Mintalah Bantuan Profesional seperti Perusahaan Manajemen Hutang

Tidak semua orang merasa segan ketika meminta bantuan ke teman ataupun saudara. Nah, jika kamu mengalami masalah yang satu ini, maka kamu bisa meminta bantuan ke perusahaan yang memberikan pelayanan manajemen hutang.

Namun, sebelum kamu meminta bantuan ke perusahaan manajemen hutang, pastikan bahwa perusahaan yang kamu pilih sudah terdaftar ke biro yang kredibel. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan jasa dari perusahaan manajemen hutang:

  • Membantu melakukan negosiasi dengan kreditur untuk bisa mengurangi bunga serta biaya dalam pembayaran hutang. Dalam beberapa kasus, ternyata manajemen hutang dapat membantu mengurangi semua pembayaran dan juga membekukan biaya bunga atau penalty.
  • Mengatur hutang yang akan membantu kamu untuk mencicil pembayaran hutang yang sesuai dengan kemampuan kamu saat ini.
  1. Melakukan Mediasi Perbankan

Melakukan mediasi perbankan menjadi salah satu dari 10 cara melunasi hutang paling cepat yang bisa kamu lakukan agar hutang cepat lunas. kamu bisa menempatkan Bank Indonesia sebagai penengah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Keputusan yang diambil nantinya akan bersifat win win solution yang mana kedua belah pihak (kreditur dan debitur) untuk bisa melakukan penyelesaian hutang.

  1. Gunakan Tabungan untuk Membayar Cicilan

Jika kamu memiliki tabungan, tidak ada salahnya untuk menggunakan uang tersebut agar hutang kamu bisa dicicil. Akan tetapi, jangan gunakan semua uang tersebut untuk membayar hutang. Hal ini karena uang tersebut bisa kamu gunakan sebagai dana darurat nantinya.

  1. Cairkan Investasi yang Dimiliki

Langkah selanjutnya ialah dengan mencairkan investasi yang dimiliki saat ini. Mencairkan investasi merupakan cara yang paling mudah untuk bisa mendapatkan uang dengan cepat. kamu bisa mencairkan beberapa investasi yang dimiliki seperti reksadana, emas, deposito dan lain sebagainya.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika kamu tidak memiliki tabungan atau bahkan investasi, maka cara yang bisa dilakukan ialah dengan mencari penghasilan tambahan. Ada beberapa keahlian yang bisa dilakukan untuk mencari uang tambahan agar hutang yang kamu miliki bisa cepat terlunasi, seperti:

  • Menjual jasa desain serta fotografi
  • Menjual jasa penerjemah ataupun penulisan artikel
  • Menjadi driver ojek online
  • Membuka les privat.

Tak hanya jasa, namun kamu juga bisa menjalankan bisnis online seperti menjadi dropshipper, jual pulsa dan lain sebagainya.

  1. Mengurangi Budget Pengeluaran

Nah, sepertinya kamu harus menghemat agar pengeluaran tiap bulan bisa kamu alokasikan untuk mencicil hutang. Jangan mudah tergiur jika ada barang diskon, hal tersebut hanya akan membuat pengeluaran kamu menjadi semakin banyak.

  1. Minta Kenaikan Gaji Ke Bos

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun kamu masih saja merasa kesulitan untuk membayar hutang, maka langkah terakhir yang mungkin bisa kamu jadikan opsi adalah dengan meminta kenaikan gaji pada bos.

Untuk bisa meminta kenaikan gaji, kamu dapat menambah tanggung jawab baru yang tentunya bisa menguntungkan perusahaan.

Demikian 10 cara melunasi hutang paling cepat yang bisa dipraktekkan. Memiliki hutang yang banyak memang membuat siapa saja merasa stress. Apalagi, jika hutang yang harus dibayarkan membuat keuangan kamu menjadi pailit setiap bulannya.