Jika hidupmu ingin lebih terarah, banyak pakar keuangan yang menyarankan untuk melakukan cek cash flow secara berkala. Kamu bisa melakukannya per bulan, kemudian data tersebut dikumpulkan untuk digunakan kembali dalam evaluasi tahunan. 

Tentu ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rutin melakukan aktivitas ini. Apa saja sih? Yuk kita simak beberapa alasan kamu harus melakukan cek cash flow secara berkala. 

  1. Kondisi Keuangan Lebih Sehat 

Semua orang pasti ingin tetap berada dalam kondisi keuangan yang sehat. Jika kamu benar-benar menginginkan hal ini, mau tidak mau cek cash flow harus jadi rutinitas, setidaknya satu bulan sekali harus meninjau ulang catatan keuangan selama satu bulan ke belakang.

Dengan cara seperti ini, kamu akan tahu ke mana saja larinya uang yang kamu belanjakan, masalah keuangan bisa segera dideteksi hingga akhirnya tidak menjelma jadi masalah yang lebih besar, dan tentu saja lebih memudahkan kamu untuk menyusun strategi keuangan berjangka. 

  1. Lebih Berhati-hati Menggunakan Uang 

Karena tidak tahu kemana saja larinya uang yang kamu dapatkan, kondisi ini akan membuat kamu tetap nyaman dengan pola belanja yang sama, meski berkali-kali melakukan kesalahan yang sama. Imbasnya, masalah keuangan pun bisa menjeratmu. Bahkan tanpa kamu sadari.

Dengan melakukan cek cash flow secara berkala, hal tersebut tentu tidak akan terjadi. Kamu akan lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang, dan terbiasa belanja sesuai dengan prinsip dahulukan kebutuhan, tunda keinginan hingga kamu memastikan itu bagian dari kebutuhan yang harus dibeli. 

  1. Mendukung Rencana Masa Depan 

Pernahkah kamu menentukan target keuangan? Misal, tahun depan harus bisa menambah instrumen investasi, dalam sepuluh tahun harus bisa membeli rumah sendiri, dan lima tahun kedepannya harus punya bisnis sendiri yang akan jadi sumber utama penghasilan saat memasuki usia pensiun. 

Tanpa melakukan cek cash flow, pola pengaturan keuangan kamu hanya akan berjalan apa adanya, tanpa rencana masa depan. Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan tetap ‘dipaksa’ bekerja hingga usia senja hanya demi memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi. 

  1. Memprediksi Keuangan Masa Depan 

Ada pepatah yang mengatakan jika masa depanmu, apa yang kamu lakukan hari ini. Jika sekarang kamu tidak pernah peduli dengan kondisi keuanganmu, sudah bisa dipastikan jika masa depanmu bagaikan berjudi dengan nasib. 

Kabar buruknya. Kemungkinan besar kamu akan berada dalam kondisi yang sulit karena faktor usia akan membuatmu kehilangan produktivitas. Sedangkan jika rutin cek cash flow, kamu akan bisa memprediksi kondisi keuanganmu di masa depan, dan mampu mencegah hal-hal buruk sejak dini.

  1. Banyak Uang Terbuang Percuma

Pernahkah kamu menyesal karena membeli sebuah produk, namun produk tersebut tidak bisa dipergunakan dengan maksimal. Bahkan setelah beberapa kali digunakan, produk tersebut akhirnya pindah ke gudang penyimpanan dan tidak pernah dipergunakan kembali. 

Itulah beda orang yang terbiasa melakukan cek cash flow secara berkala, dan mereka yang tidak pernah melakukannya. Kamu yang terbiasa melakukan cek cash flow, semua aktivitas belanja akan diperhitungkan dengan baik, sehingga setiap produk yang dibeli akan berfungsi dengan maksimal.Selain hal-hal yang disebutkan di atas, masih banyak dampak positif lainnya yang bisa kamu dapatkan jika rutin melakukan cek cash flow, termasuk membiasakan kamu dengan pola disiplin keuangan