Jakarta, 28 November 2023 – PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami) berkomitmen untuk  mendukung ekosistem keuangan yang inklusif, di mana setiap lapisan masyarakat memiliki  kesempatan yang sama untuk mengakses solusi keuangan yang terjangkau dan berkelanjutan. Oleh  karena itu, AdaKami, sebagai platform financial technology peer-to-peer (Fintech P2P) lending terkemuka di Indonesia, terus menjalankan komitmen berkelanjutan untuk membangun inklusi dan  literasi keuangan di Indonesia. Selama lima tahun hadir, AdaKami turut berkontribusi lewat pemberian  dukungan finansial kepada lebih dari tiga juta masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia

Perluasan literasi dan inklusi keuangan menjadi salah satu kunci untuk menyejahterakan Indonesia di  masa mendatang. Akses bantuan pendanaan yang mudah dan bisa menjangkau masyarakat dan tidak  tersentuh layanan perbankan nyatanya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat. Literasi  keuangan merupakan pengetahuan, keterampilan, serta keyakinan yang mempengaruhi sikap  seseorang dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan. Sementara inklusi keuangan  adalah ketersediaan akses bagi masyarakat untuk memanfaatkan produk dan/atau layanan jasa  keuangan di lembaga keuangan formal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat.  

“Inklusi keuangan adalah hak fundamental setiap individu. Kami percaya bahwa dengan memberikan  akses dan pendidikan keuangan, kita dapat menciptakan perubahan positif dalam kehidupan banyak  orang. Langkah ini juga kami lakukan untuk membantu masyarakat Indonesia melewati tantangan  finansial serta memberikan akses yang lebih baik kepada peluang ekonomi yang ada,” ungkap  Bernadino M. Vega Jr, CEO AdaKami, di Jakarta. 

Saat ini, Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dirilis secara resmi oleh Otoritas  Jasa Keuangan (OJK) Tahun 2022 menunjukkan bahwa indeks literasi dan inklusi keuangan di  Indonesia mengalami kenaikan menjadi 49,68% dan 85,10%. Di tahun 2019, masing-masing indeks  literasi dan inklusi keuangan di Indonesia tercatat sebesar 38,03% dan 76,19%. Dalam tren capaian  ini, AdaKami turut mengambil bagian melalui serangkaian program inovatif yang berhasil menciptakan  dampak positif dalam masyarakat. Sebanyak 21 kegiatan inovatif untuk meningkatkan literasi serta  inklusi keuangan masyarakat Indonesia yang AdaKami lakukan sepanjang tahun 2023, beberapa  diantaranya Edukasi Literasi Ekonomi Hijau Lewat Aksi Tanam 500 Pohon Mangrove di Jakarta  Utara, Campus Visit AdaKami Bertajuk Muda Paham Fintech, #AdaEducation Instagram Live  Season 3 – Merdeka dari Insecure, Radio Talkshow bertajuk “Generasi Bijak Finansial, Berjuang  Sesuai Bidang, Ajukan Sesuai Kemampuan”, hingga melakukan diskusi secara langsung dengan  sejumlah media di Indonesia bertemakan “Cara Atur Keuangan di Tengah Ekonomi yang Enggak  Menentu”, Dsb. 

AdaKami meyakini bahwa inklusi keuangan merupakan tanggung jawab bersama berkat kolaborasi  dan komitmen antar pihak. Atas dasar ini, AdaKami melakukan berbagai upaya inisiatif bersama  kampus, pegiat lingkungan, komunitas, masyarakat luas dan media. Berbagai inistiatif edukasi dan  literasi bijak mengelola keuangan juga terus mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan media di  Indonesia, Sehingga melalui Media Gathering pada Selasa, 28 November 2023 di Jakarta Selatan,  AdaKami memberikan apresiasi kepada rekan media melalui AdaKami Journalist Award 2023.

Mengusung tema “Kontribusi AdaKami dan Media dalam Membangun Inklusi Keuangan dalam  Negeri”, AdaKami memberikan penghargaan kepada seluruh jurnalis yang dibagi dalam dua kategori,  yakni Best Journalist Who Support Financial Literacy AdaKami (penilaian dilakukan berdasarkan  jumlah publikasi artikel melalui media print dan online), dan Favorite Article’s AdaKami (penilaian  dilakukan oleh pihak manajemen AdaKami)

“Rekan media telah menjadi rekan yang sangat penting dalam perjalanan kami mendukung inklusi  keuangan untuk negeri. Kami mengapresiasi dedikasi mereka untuk mengabarkan informasi yang  bermanfaat dan membantu serta membentuk pemahaman positif tentang pentingnya literasi keuangan  di masyarakat,” Bernadino M. Vega Jr melanjutkan. 

Mulai saat ini hingga masa mendatang, AdaKami ingin mengajak rekan-rekan jurnalis untuk terus  menjaga komitmen dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai  kesejahteraan serta perbaikan kualitas perekonomian rakyat Indonesia. Bernadino M. Vega Jr  berpendapat, dalam mencapai tujuan ini, aspek literasi keuangan sangat penting untuk didorong  peningkatannya. Oleh karena itu, selain memastikan bantuan layanan keuangan dapat diakses oleh  seluruh masyarakat di seluruh pelosok negeri, AdaKami akan terus berupaya untuk meningkatkan  literasi keuangan masyarakat Indonesia.  

“Karena target inklusi keuangan menuju 90%, percepatan literasi keuangan juga membutuhkan sinergi  serta kolaborasi dengan semua pihak, terutama dengan rekan media. Upaya-upaya kami lakukan untuk  memberikan sumbangsih nyata bagi perekonomian bangsa serta bisa menyangga perekonomian  rakyat di masa-masa krisis yang tidak terduga,” tutupnya.  

— Selesai —

Tentang AdaKami 

AdaKami adalah sebuah platform peer-to-peer lending online lokal yang menyediakan fasilitas pinjaman (kredit)  tanpa agunan. Semangat kami adalah untuk membangun akses keuangan yang berkualitas bagi ratusan juta orang  Indonesia. Kami berkomitmen untuk membantu orang-orang serta komunitas dalam meraih mimpi mereka di setiap  tahapan hidup. AdaKami dioperasikan oleh PT Pembiayaan Digital Indonesia, sebuah perusahaan berbadan  hukum Indonesia yang berizin dan memenuhi ketentuan yang berlaku di bawah pengawasan Otoritas Jasa  Keuangan (OJK). Hal ini sejalan dengan misi kami dalam mewujudkan inklusi keuangan dan memberikan solusi  bagi masyarakat Indonesia, melalui inovasi dan edukasi. AdaKami menggunakan teknologi informasi sebagai  landasan inovasi demi menciptakan pelayanan yang cepat, tepat dan optimal. 

Untuk informasi layanan media, silakan menghubungi: 
Jonathan Kriss – Brand Manager AdaKami 
No Hp: 0878 17999934 
Email: jonathan@adakami.id