Adakami.id – TemanKami pernah gak sih, merasa ragu untuk membeli sesuatu karena harganya terlalu murah atau masuk akal? Hal ini seringkali terjadi karena umumnya, orang-orang meyakini bahwa harga sebanding dengan kualitas. Sebagian besar orang cenderung berpikiran semakin mahal harga suatu barang, kualitas barangnya akan lebih terjamin. Bukan hanya kualitas barang, terkadang mereka membeli barang mahal untuk mengejar status sosial yang terikat pada merek barang tertentu. Baik itu mobil mewah, handphone series terbaru, atau pun tas mewah. Pola pikir ini sering mendorong orang untuk melakukan pembelian konsumtif. Namun, TemanKami perlu tahu bahwa terkadang, hal-hal terbaik dalam hidup tidak selalu harus datang dengan harga yang mahal, lho!

Ada beberapa alasan yang membuat harga mahal belum tentu menjamin kualitas yang baik:

  1. Persepsi terhadap suatu merek
    Beberapa merek terkenal berinvestasi secara besar-besaran dalam membangun persepsi dan citra merek melalui strategi periklanan dan kampanye komunikasi . Namun, hal itu tidak menjamin bahwa setiap produk yang mereka tawarkan adalah yang terbaik. Dalam beberapa kasus, TemanKami bisa jadi hanya membeli reputasi karena terpengaruh oleh pemasaran dari merek tersebut.
  2. Fitur-fitur yang overpriced
    Tidak jarang produk mahal yang dilengkapi dengan fitur yang mungkin digunakan oleh orang pada umumnya. Fitur tambahan ini sering kali membuat harga menjadi lebih tinggi tanpa memberikan kegunaan yang signifikan bagi semua orang.
  3. Penetapan harga yang terlalu mahal
    Beberapa merek meningkatkan harga secara signifikan untuk menjaga citra eksklusivitas yang telah dimilikinya. Pada akhirnya, harga yang ditetapkan cenderung tidak sesuai dengan kualitas atau kinerja sebenarnya dari produk.

Kemudian, bagaimana cara untuk mendapatkan barang dengan kualitas yang baik dengan harga yang ramah kantong? Nah, TemanKami tidak perlu bingung. Berikut tips AdaKami untuk mengenali barang berkualitas dengan harga terjangkau:

  1. Sebelum melakukan pembelian, bacalah review atau testimoni dari pembeli lain terkait barang yang ingin kamu beli. Atau mintalah saran atau rekomendasi dari orang terdekatmu.
  2. Tentukan kebutuhan yang kamu cari dan belilah barang sesuai kebutuhanmu. Cari opsi barang dengan kualitas yang sama, lalu bandingkanlah harganya.
  3. Setelah menentukan barang yang akan kamu beli, coba konfirmasi kepada penjual terkait garansi dan service yang bisa didapatkan, jika barang yang diterima tidak sesuai. Usahakan agar TemanKami bisa menemukan produk yang lebih murah dengan garansi yang dapat diandalkan dan layanan pelanggan yang baik.

TemanKami bisa mempertimbangkan beberapa tips di atas saat ingin melakukan pembelian, kamu juga bisa memanfaatkan seasonal sale, diskon, atau promosi lainnya yang memberikan harga terjangkau tanpa mengurangi kualitas produk. TemanKami juga perlu ingat, harga tidak selalu menentukan kualitas, pertimbangan tentang produk dan kebutuhan pribadi yang benar-benar menentukan nilai dari sebuah pembelian.