Adakami.id – TemanKami pasti pernah merasa jenuh dan stress di tempat kerja. Tidak dapat dipungkiri, dalam lingkungan kerja yang dinamis, di mana banyak deadline, proyek, dan meeting seringkali menjadi fokus utama, pentingnya membangun hubungan yang bermakna dengan rekan kerja kadang terabaikan. Namun, tahukah TemanKami bahwa, membangun pertemanan di tempat kerja, dan memiliki “bestie” di kantor, dapat memberikan pengaruh yang positif untuk kamu dan tim mu loh!

Berikut beberapa dampak positif memiliki bestie di tempat kerja:

  1. Mendapatkan dukungan moral untuk bekerja
    Bestie di tempat kerja bisa membuat bekerja terasa lebih menyenangkan. TemanKami bisa berbagi tawa,curhat pada saat-saat sulit, dan saling memberikan dukungan terhadap proyek yang sedang dikerjakan
  2. Memperluas relasi
    Hubungan pertemanan di tempat kerja dapat memperluas relasi profesional. Teman kamu bisa saja memperkenalkanmu rekan kerja lain yang ia miliki, bahkan memberikan wawasan baru untuk pertumbuhan karier-mu.
  3. Membangun budaya kerja yang positif
    Pertemanan di tempat kerja berkontribusi pada budaya kerja yang positif. Ketika TemanKami memiliki bestie di tempat kerja, kamu dapat membangun lingkungan kerja yang lebih nyaman dan menyenangkan dalam tim. Lingkungan kerja yang menyenangkan juga dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari membangun pertemanan di tempat kerja. Nah, bagi TemanKami yang ingin membangun hubungan pertemanan yang baik di tempat kerja, TemanKami bisa menerapkan beberapa tips berikut:

  1. Buka percakapan dengan topik umum.
    Kamu bisa memilih topik-topik yang umum untuk mengenali minat, hobi, dan kehidupan di luar kantor dari rekan kantor.
  2. Berpartisipasi dalam kegiatan tim
    Kegiatan atau acara sosial yang diadakan kantor, bisa menjadi salah satu kesempatan kamu untuk membangun hubungan pertemanan dengan teman kamu. Tidak perlu di acara dalam skala besar, kamu dapat membangun hubungan pertemanan dengan makan siang bersama atau main bersama setelah jam kerja, di luar kantor. 
  3. Bersikap suportif dengan rekan kerja  
    Bersedia memberikan dukungan/bantuan ketika teman kamu memiliki masalah bisa membantu memperkuat hubunganmu dengan teman kerjamu. Sebaliknya, jangan ragu untuk mencari dukungan ketika diperlukan ya, sehingga hubungan yang dibangun bisa menguntungkanmu juga. Jangan lupa untuk merayakan setiap achievement yang kamu dan bestie mu dapatkan sebagai bentuk apresiasi. 

Beberapa tips di atas dapat mulai kamu terapkan untuk membangun suasana kerja yang menyenangkan dan produktif. Namun, meskipun hubungan pertemanan di tempat kerja penting, TemanKami tetap ingat untuk menyeimbangkan antara keakraban dalam pertemanan dan profesionalisme. Kamu tetap perlu memperhatikan batasan, kapan dan di mana TemanKami harus profesional. Penting juga untuk menjaga etika di kantor, agar terhindar dari gosip dan sikap yang berdampak negatif.