Adakami.id – Akhir-akhir ini, split bill sudah menjadi salah satu kebiasaan masyarakat. Split bill berarti membagi tagihan atau pembayaran yang telah dibayar terlebih dahulu oleh satu orang. Di mana setiap orang harus membayar sesuai rincian biaya masing-masing kepada orang yang telah membayar tagihannya secara utuh terlebih dahulu. Split bill biasanya dilakukan oleh sekelompok orang sedang makan bersama.

Pada praktiknya, split bill bukan masalah bagi mereka yang memiliki prinsip untuk membayar tagihannya sendiri. Namun, split bill bisa menjadi hal yang sensitif di antara pasangan atau teman, karena menyangkut keuangan seseorang. Tidak jarang juga split bill menjadi isu yang sensitif karena gengsi antara pasangan dan pertemanan.

Nah, berikut beberapa tips AdaKami yang dapat kamu terapkan saat melakukan split bill, untuk menghindari konflik dengan teman dan pasanganmu:

  1. Diskusikan baik-baik sebelum membayar tagihan.
    Kamu dapat membuat kesepakatan dengan pasangan atau temanmu metode pembayaran yang akan digunakan. Untuk membuat diskusimu lebih menyenangkan, kamu dapat menentukannya sambil bermain siapa yang akan membayar semua tagihan lebih dulu.
  2. Jangan memaksakan membayar tagihan di luar kemampuanmu.
    Bayarlah tagihan sesuai kemampuanmu. Jangan memaksakan diri mengeluarkan uang di luar kemampuan hingga terjerat utang, hanya untuk mendapatkan validasi dari teman atau pasangan. Jika kamu telah sepakat untuk split bill, tetapi kamu tidak membawa uang lebih, kamu dapat mendiskusikannya dengan temanmu. Kamu juga bisa memberikan penawaran untuk membayar tagihan makan bersama selanjutnya, sebagai pengganti tagihanmu saat itu.
  3. Bayar tagihanmu tepat waktu.
    Jika kamu telah sepakat untuk membayar tagihanmu masing-masing, sebaiknya kamu membayar teman atau pasanganmu tepat waktu, untuk menghindari konflik tentang keuangan.

Sumber
Finansialku. (2023, Februari 23). Apa Itu Split Bill? Ketahui Etika dan Pandangan dari Perencana Keuangan. Retrieved from Finansialku.com: https://www.finansialku.com/split-bill/

Vocasia. (2022, April 28). Apa Itu Split Bill? Metode Pembayaran Yang Sering Jadi Masalah Saat Kencan Pertama, Ini Solusinya. Retrieved from Vocasia: https://vocasia.id/blog/apa-itu-split-bill/