Adakami.id – Bulan Ramadhan merupakan salah satu momentum yang dinantikan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat.   Oleh karena itu, selama bulan Ramadhan biasanya terjadi peningkatan pengeluaran untuk membeli makanan, pakaian baru, serta pengeluaran lainnya untuk acara bersama teman/keluarga. Nah, agar pengeluaranmu tidak membengkak, kamu dapat menerapkan beberapa tips AdaKami yang dilansir dari berbagai sumber:

  1. Buat Rencana Keuangan
    Kamu perlu menyusun alokasi pengeluaranmu selama bulan Ramadhan, seperti kebutuhan sahur, berbuka, sedekah, zakat, dan kebutuhan lebaran. Saat Ramadhan, tak jarang kita menghadapi pengeluaran tak terduga, seperti tiba-tiba diajak bukber oleh teman atau kolega. Jika kamu menerima banyak ajakan untuk buka di luar, kamu dapat menyusun alokasi pengeluaran untuk acara-acara tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengikuti acara buka bersama tanpa khawatir pengeluaranmu akan membengkak.
  2. Tahan Godaan Belanja Barang yang Tidak Dibutuhkan
    Bulan Ramadhan biasanya dimeriahkan dengan diskon yang menggoda di e-commerce. Namun, belanjalah sesuai kebutuhan dan alokasi pengeluaran yang telah disusun ya. Sebaliknya, jika kebutuhan yang akan kamu beli sedang diskon, kamu dapat memanfaatkan diskon dan promosi tersebut untuk lebih menghemat pengeluaranmu.
  3. Jangan Meminjam Jika Tidak Mampu Melunasi
    Pinjaman online dapat menalangi pembelian kebutuhanmu selama bulan Ramadhan. Namunjika kamu harus meminjam uang, ajukanlah pinjaman sesuai kemampuanmu ya, agar pengeluaranmu tidak membengkak. Jangan lupa juga untuk pastikan meminjam ke pinjaman online legal yang telah diawasi dan berizin OJK ya.
  4. Catat Pengeluaran
    Kamu dapat membiasakan diri untuk mencatat pengeluaran harianselama bulan Ramadhan. Adanya pencatatan keuangan selama bulan Ramadhan dapat membantu kamu untuk tidak belanja secara impulsif dan mengatur keuanganmu dengan lebih baik selama bulan Ramadhan.
  5. Membuat Daftar Kebutuhan selama Ramadhan
    Kamu dapat membuat daftar kebutuhan selama Ramadhan untuk mempermudah kamu dalam belanja dan menyusun alokasi pengeluaranmu. Seperti kebutuhan untuk menu sahur dan buka, sedekah, zakat fitrah, mudik, hingga persiapan lainnya untuk menyambut lebaran. Kamu juga dapat membeli kebutuhan untuk menyambut lebaran sekaligus dalam jumlah besar untuk menghindari kenaikan harga menjelang lebaran.

Beberapa tips di atas bisa kamu terapkan agar keuanganmu bisa lebih terencana selama Bulan Ramadhan. Bagi Teman Kami yang sedang menunaikan ibadah puasa, semangat ya!

Sumber:
Berita Satu. (2023, Maret 29). 7 Tips Hemat Selama Puasa Ramadhan. Retrieved from Beritasatu.com: https://www.beritasatu.com/nasional/1035056/7-tips-hemat-selama-puasa-ramadan/3
Detik Edu. (2023, Maret 26). Stop Boros! Ini 5 Tips Berhemat Selama Ramadan dari Dosen Ekonomi UM Surabaya. Retrieved from Detik Edu: https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6637570/stop-boros-ini-5-tips-berhemat-selama-ramadan-dari-dosen-ekonomi-um-surabaya
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2023, March 22). Tips Mengelola Keuangan Menyambut Bulan Ramadhan. Retrieved from https://www.instagram.com/p/CqFJd4HPnAi/?img_index=1