AdaKami.id- Ketika TemanKami memutuskan menjalin hubungan pacaran, jangan hanya memperhatikan penampilan saja, tapi kamu juga perlu menentukan budget. Pasalnya tidak sedikit orang putus cinta karena kurangnya kemampuan dalam pengelolaan keuangan yang memengaruhi kondisi ekonomi. Menurut studi terbaru, oleh policy genius, yang dilakukan kepada 2000 orang di Amerika Serikat, menunjukkan jika orang 10 kali lebih mungkin putus cinta bahkan bercerai jika memiliki pasangan yang buruk dalam hal mengelola keuangan. Hal itu juga didukung dengan laporan The Future of Dating yang diluncurkan Tinder pada Maret 2021 lalu, bahwa banyak orang usia 20 hingga 35 tahun memutuskan untuk tidak berkencan karena takut membuat kondisi ekonomi semakin buruk. Maka dari itu, kemampuan pengelolaan uang bisa memengaruhi kondisi percintaan TemanKami.

Namun bukan berarti TemanKami harus mempunyai uang yang banyak terlebih dahulu baru bisa berpacaran. TemanKami tetap bisa berpacaran meski memiliki budget pas-pasan dengan menerapkan tren affordating. Tren ini mulai muncul saat pandemi, di mana generasi muda mulai sadar pentingnya literasi keuangan. Lalu apa sih affordating itu?

Menurut Dr. Angela Tan, intimacy coach dan founder Academy of Relationship & Sex, affordating adalah gaya berkencan hemat namun tetap berkesan dan mengasyikan. Angela melihat jika tren affordating adalah suatu kesempatan bagi pasangan untuk mengenal satu sama lain dalam berbagai hal termasuk pengelolaan keuangan.

Berikut beberapa cara menerapkan affordating menurut tips AdaKami:

1) Melakukan simply pleasure

TemanKami bisa memulai berkencan dengan melakukan hal-hal kecil dalam kehidupan yang dapat membuat pasanganmu bahagia tanpa mengeluarkan banyak uang. Contoh kegiatan simply pleasure yang bisa TemanKami lakukan adalah berpiknik, ke wisata alam yang tidak memungut biaya, museum, candi, atau ke perpustakaan.

2) Olahraga bersama

TemanKami juga bisa menjajal cara berkencan dengan olahraga bersama tapi tetap hemat. Seperti olahraga bersama di Gelora Bung Karno, Jakarta. Selain gratis dan menghemat pengeluaran, TemanKami dan pasangan bisa lebih saling mengenal satu sama lain.

3) Berkencan naik angkutan umum

Berkencan tidak harus memiliki kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. TemanKami bisa berkencan dengan cara jalan-jalan naik kendaraan umum seperti naik Commuter Line atau Transjakarta. Kalau TemanKami berasal dari daerah luar Jakarta, tidak ada salahnya berkencan memakai angkutan umum. Sambil berkencan dengan menggunakan transportasi umum, TemanKami bisa mengenal dan mengobrol lebih dalam dengan pasanganmu. Menurut Angela, cara affordating jenis ini bisa mempererat hubungan apalagi jika love language TemanKami adalah quality time.

4) Melakukan kegiatan volunteering

Volunteering bisa menjadi salah satu alternatif berkencan jika TemanKami dan pasangan melakukan aktivitas sosial seperti berbagi dan advokasi secara sukarela. Selain hemat, berkencan dengan cara ini bisa meningkatkan koneksi dan mengasah soft skill.

TemanKami, demikian tadi penjelasan mengenai apa itu affordating dan cara menerapkannya. Jika ada cara lain untuk menerapkan affordating, tulis di bawah ya!

(*)

By F