AdaKami.id- TemanKami, apakah kamu sudah pernah menonton drakor Hometown Cha Cha Cha? Tak hanya mengisahkan kisah romantis, drakor Hometown Cha-Cha-Cha juga mengajarkan tentang pelajaran keuangan, loh!

Drakor yang sempat hits pada masa pandemi ini, ternyata sempat menarik salah satu influencer keuangan ternama di Indonesia. Ia melihat banyak pelajaran keuangan yang bisa dipetik dalam drakor yang diperankan oleh Shin Min Ah dan Kim Seon Ho tersebut.

Menurut AdaKami, berikut beberapa pelajaran keuangan yang bisa dipetik dari drakor Hometown Cha Cha Cha:

  1. Jangan impulsif membuat keputusan soal keuangan

Hindari membuat keputusan secara emosional dan buru-buru untuk urusan uang. TemanKami perlu belajar dari tindakan ceroboh yang dilakukan karakter Yoon Hye Jin (Shin Min Ah). Di mana ia sempat akan berhenti bekerja di klinik gigi tanpa pertimbangan tentang dampak terhadap aspek finansial yang akan ditimbulkan di masa depan. Keputusan Yoon Hye Jin bisa saja merugikan dirinya karena tidak mempertimbangkan tiga hal yaitu komitmen kewajiban yang tersisa, dana darurat sebanyak minimal 3x pengeluaran bulanan, dan proteksi kesehatan atau asuransi.

  1. Memiliki penghasilan aktif dan pasif

Dalam drakor tersebut, hampir semua penduduk di Gongjin memiliki lebih dari satu sumber penghasilan. Seperti Yeo Hwa Jung, yang sumber penghasilan aktif di restoran seafood dan penghasilan pasif dari kepemilikan properti yang salah satunya disewakan pada Yoon Hye Jin. Dari kisah Yeo Hwa Jung dalam drakor Hometown Cha Cha Cha, TemanKami bisa belajar bagaimana membangun sumber penghasilan aktif dan pasif agar kehidupan lebih nyaman di hari tua nanti. 

  1. Pentingnya menyisihkan uang untuk ditabung

Seorang polisi bernama Choi Eun Chul di drakor Hometown Cha Cha Cha menggambarkan bagaimana pentingnya menabung. Ya, Choi Eun Chul konsisten menabung setiap bulan 70% dari pendapatannya. Untuk berjaga-jaga, Eun Chul juga memiliki asuransi kesehatan, dan memisahkan antara tabungan pribadi dan tabungan untuk membeli rumah.  Hal ini penting untuk dilakukan TemanKami sesegera mungkin untuk menjaga kestabilan keuangan.

  1. Self reward bukanlah self-worth 

Yoon Hye Jin selalu memberi dirinya penghargaan atau self reward jika berhasil melakukan sesuatu hal dengan membeli barang-barang luxury goods yang menghabiskan uang tabungannya. Memang memberi penghargaan untuk diri sendiri bukanlah hal yang salah, tapi bukan berarti ukuran dari self-worth TemanKami. Daripada membeli barang yang hanya disukai sementara, TemanKami bisa membeli sesuatu yang akan bertahan lama dan memiliki nilai guna yang besar. 

  1. Definisi sukses bukan banyak uang tapi merasa cukup
    Saat Yoon Hye Jin pindah ke Gongjin, ia meninggalkan gaya hidup mewahnya di Seoul dan melihat bagaimana penduduk di kota itu bisa hidup sederhana. Ia bahkan menyinggung Hong Banjang yang mana memiliki penghasilan lebih kecil daripada dirinya yang merupakan seorang perempuan. Hon Banjang merespon dengan mengatakan jika kebahagiaan tidak selalu tentang karier, uang, dan harta benda. Hal itu Hon Banjang buktikan dengan memiliki kehidupan sederhana dengan bekerja serabutan dan bekerja sukarela membantu warga Desa Gongjin terutama para lansia. Penduduk Gongjin bahkan meninggal pesan pada Yoon Hye Jin dengan berkata “uang dan kesuksesan bukan satu-satunya hal yang berharga dalam hidup”.

Nah, berikut tadi beberapa pelajaran tentang keuangan yang bisa TemanKami pelajari dari drakor Hometown Cha Cha Cha. Yuk, share pendapat TemanKami di kolom komentar!