AdaKami.id- Kehidupan sehari-hari seringkali penuh dengan tantangan, terutama ketika harus mengelola keuangan rumah tangga. Bagi banyak ibu rumah tangga, mengatur anggaran dan mencari cara untuk berhemat adalah keahlian yang penting.

Apa para moms di sini pernah merasakan susahnya mengatur uang sehingga lebih banyak pengeluaran dibandingkan pemasukan? Nah, di sini akan dijelaskan beberapa tips simpel untuk hidup lebih hemat, efisien, dan cerdas ala ibu rumah tangga.

Berikut ini 5 cara menghemat uang dari riset AdaKami untuk ibu rumah tangga yang bisa langsung TemanKami ikuti!

1. Buat Anggaran: Ibu rumah tangga dapat melihat secara jelas berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari belanja makanan hingga tagihan bulanan dengan membuat anggaran setiap bulannya. Ini membantu mengidentifikasi pola pengeluaran dan memahami di mana uang sebenarnya digunakan.

2.    Membuat Daftar Belanja: Membeli barang yang hanya kamu butuhkan dan yang ada di list belanja pada anggaran yang sudah kamu buat. Jika kamu sudah membuat budget bulanan dari anggaran yang sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah list semua barang berdasarkan anggaran yang sudah kamu tentukan, dengan begitu kamu bisa lebih hemat dalam memilih barang. 

3.    Melakukan Perbandingan Harga Sebelum Membeli: Luangkan waktu untuk mengunjungi beberapa toko yang menjual produk yang sama. Bandingkan harga dan promosi yang ditawarkan oleh masing-masing toko sebelum membuat keputusan pembelian.

4.    Memilih Masak Sendiri: Memasak di rumah umumnya lebih murah daripada makan di restoran atau membeli makanan siap saji, dengan membeli bahan makanan mentah dan memasaknya sendiri, ibu rumah tangga dapat menghemat banyak biaya dalam jangka panjang.

5.    Bedakan antara keinginan dan kebutuhan: Pahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Salah satunya dimulai dengan memprioritaskan  pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga, seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dan pendidikan. Ini memastikan bahwa kebutuhan utama keluarga terpenuhi sebelum mempertimbangkan keinginan yang mungkin tidak sesuai dengan anggaran.

Dalam hidup sehari-hari, kebijaksanaan dan keterampilan seorang ibu rumah tangga dapat menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang. Ingatlah, kebijaksanaan dalam mengelola keuangan dan sumber daya adalah kunci untuk mencapai kestabilan finansial dan kebahagiaan keluarga.

(*)

By Eun