AdaKami.id- Apakah TemanKami sudah pernah menonton drakor Itaewon Class? Jika belum, sebaiknya TemanKami perlu menontonnya. Pasalnya drakor tersebut mengisahkan tentang perjuangan seorang pria bernama Park Saeroyi dalam membangun bisnis setelah keluar dari penjara 

Terlepas dari alur ceritanya, banyak insight yang bisa TemanKami pelajari dari drakor Itaewon Class. Yuk, siimak di bawah ini!

1. Mulailah menabung sedikit demi sedikit

TemanKami mungkin sudah bosan dengan nasihat tentang pentingnya menabung. Namun TemanKami pasti sudah tidak asing dengan istilah “sedikit, sedikit, menjadi bukit”. Istilah ini sepertinya perlu TemanKami terapkan berkaca dari drakor Itaewon Class yang mana Park Saeroyi memilih menggunakan uang peninggalan ayahnya untuk ditabung hingga mampu membeli sebuah gedung dan membangun sebuah pub bernama DanBam di kota Itaewon. Lalu jangan lupa untuk membuat tujuan untuk apa menabung. Dalam drakor Itaewon Class, Park Saeroyi yang menabung untuk membangun bisnis dan memiliki misi balas dendam. Sama halnya dengan TemanKami, kamu bisa menentukan apakah tujuanmu menabung.

2. Menghargai setiap pekerjaan yang didapatkan

Pada dasarnya, pekerjaan tetaplah pekerjaan. Tidak masalah bekerja sebagai waitress di restoran atau menjadi desk collection. Lewat drakor Itaewon Class, kita bisa belajar untuk menghargai setiap pekerjaan yang kita dapat saat adegan Saeroyi memberi Hyun-yi dua kali gaji dan mendorong Hyun-yi untuk bekerja lebih keras atau alasan Oh Soo-ah tidak meninggalkan perusahaan Jangga Co. Dari adegan tersebut, TemanKami bisa belajar bahwa setiap pekerjaan sangat bernilai dan perlu dikerjakan dengan maksimal, apalagi jika sudah memiliki tujuan yang jelas.. Mungkin saat ini kita tidak terlalu enjoy dengan pekerjaan yang kita miliki. Namun setidaknya kita memiliki pekerjaan untuk membantu mewujudkan mimpi dan menopang kehidupan.

3. Manfaat menyiapkan asuransi

Ayah Park Saeroyi di drakor tersebut mengalami kecelakaan dan meninggal mendadak saat ia masih remaja. Sebelum meninggal, ternyata sang ayah telah menyiapkan asuransi yang kemudian bisa dipakai oleh Saeroyi sebagai salah satu bekal di masa depan. Adegan ini menyadarkan kita tentang salah satu manfaat memiliki asuransi. Asuransi bisa menjadi pertimbangan TemanKami untuk menyiapkan masa depan terutama untuk keluarga tersayang.

4. Menyusun tujuan keuangan jangka panjang 

Dalam drakor Itaewon Class, Park Saeroyi memiliki tujuan keuangan untuk 15 tahun ke depan. Melalui drakor itu, TemanKami bisa belajar untuk berpikir dan membuat rencana keuangan jangka panjang. Sama seperti Park Saeroyi yang tahu betul apa yang ia inginkan, dan menyusun rencana matang untuk mencapainya. TemanKami juga bisa memulai melakukan perencanaan dengan menabung atau melakukan perancaan keuangan yang lebih baik lagi ke depannya. 

5. Update pengetahuan mengenai passive income

Park Saeroyi tahu bahwa uang yang ia kumpulkan tidak bisa merealisasikan mimpinya 15 tahun ke depan. Hal itu membuat Saeroyi belajar investasi dengan melakukan diversifikasi asetnya di saham hingga mampu mengembang biakkan uangnya di Itaewon Class. Ia menyehatkan keuangannya dengan membuat passive income. Namun TemanKami tidak bisa asal menerapkan. Pasalnya TemanKami perlu memahami risiko setiap aktivitas passive income yang dilakukan. Jangan berhenti untuk terus belajar tentang pengetahuan finansial.

(*)

By F