AdaKami.id – Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan salah satu hal yang dinantikan oleh banyak orang di bulan Ramadan. Biasanya, THR dimanfaatkan untuk memenuhi sederet keinginan, berbelanja kebutuhan lebaran, dan berbagi dengan orang sekitar.

Sebetulnya, semua itu sah-sah saja dilakukan. Akan tetapi, kebiasaan seperti itu rupanya dapat membuat uang THR-mu cepat habis, bahkan sebelum hari raya Idulfitri. Alhasil, uang THR berlalu begitu saja dan tidak bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang.

Dilansir dari laman OJK (Otoritas Jasa Keuangan), terdapat beberapa cara bijak untuk mengalokasikan uang THR. Simak penjelasannya berikut ini, ya!

1. Melunasi Utang Terlebih Dahulu

Sebelum membeli berbagai kebutuhan lebaran, dahulukan melunasi utang atau cicilan yang kamu miliki. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan THR agar beban finansialmu berkurang. Untuk membuat pelunasanmu terkontrol, kamu bisa mencatat utang-utang yang sudah dilunasi dan utang-utang yang belum dilunasi. 

2. Sisihkan untuk Ditabung

TemanKami, uang THR tidak hanya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lebaran, lo. Kamu bisa menyimpannya sebagai dana darurat untuk kebutuhan masa depan. Sisihkan minimal 10% dari THR-mu untuk ditabung. Selain itu, kamu juga bisa menginvestasikannya agar nilai aset atau kekayaanmu meningkat.

3. Prioritaskan Kebutuhan Dibandingkan Keinginan

Sama seperti perencanaan keuangan pada umumnya, kamu perlu mengelola uang THR berdasarkan skala prioritas antara kebutuhan dan keinginan. Contoh kebutuhan yang harus didahulukan adalah biaya mudik, membayar zakat, membayar utang, dan lainnya. 

Kemudian, contoh keinginan yang bisa kamu tunda adalah membeli baju baru, gadget baru, atau kendaraan baru. Dengan begitu, kamu bisa mengoptimalkan uang THR untuk hal-hal yang lebih penting dan bermanfaat.

4. Disiplin dan Konsisten

Untuk mencapai tujuan di atas, kamu perlu melaksanakan rencana pengeluaran dengan disiplin dan konsisten. Kamu tidak boleh membelanjakan uang THR melebihi anggaran yang tersedia. Jagalah keinginanmu untuk menjaga kondisi keuanganmu ya, TemanKami!


Bagaimana, TemanKami? Mudah, kan? Setelah mengetahui tips di atas, semoga kamu bisa semakin bijak untuk mengelola uang THR, ya. Untuk kamu yang ingin menginvestasikan uang THR, kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu lewat beberapa rekomendasi buku dari AdaKami. Cari tahu di sini, ya!