AdaKami – Halalbihalal merupakan waktu yang tepat untuk saling berkumpul dan memaafkan dengan keluarga, teman, dan orang-orang di sekitar setelah momen Idul Fitri. Namun pernahkah TemanKami menyempatkan waktu berdialog dan memaafkan diri sendiri? Tanpa sadar, kita sering terjebak dalam siklus mengkritik diri sendiri dan membandingkannya dengan orang lain yang membuat kita lupa tentang pentingnya merawat dan mencintai diri sendiri.

Ketika TemanKami mencintai diri sendiri, kamu akan memiliki kepercayaan diri yang lebih besar, kemampuan untuk menetapkan batasan yang sehat dalam hubungan, dan kemampuan untuk mengatasi masalah lebih baik. Hal ini juga dapat membantumu mengurangi stres, kecemasan, depresi, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. 

Tidak dapat dipungkiri, mencintai diri sendiri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Mencintai diri sendiri perlu dimulai dengan mengenal dan menerima semua kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Ketika hendak mencintai diri sendiri, TemanKami bisa jadi  dihadapkan dengan masalah atau trauma yang kamu miliki. Namun, TemanKami perlu ingat bahwa setiap orang memiliki kekurangan masing-masing. Merasa insecure atas kekurangan yang dimiliki merupakan hal yang wajar, tetapi kamu tidak boleh terlalu fokus dengan kekuranganmu. Sebaliknya, kamu bisa mencoba mengatasi kekurangan yang kamu punya dan menjadikannya kekuatanmu. 

Selain menerima kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, TemanKami juga perlu membangun boundaries atau batasan untuk dirimu sendiri. Kamu bisa memulainya dengan belajar untuk berkata tidak atau menolak ketika kamu merasa tidak nyaman dengan situasi tertentu. Bagi TemanKami yang terbiasa mengikuti keinginan orang lain secara terpaksa di suatu keadaan, hal ini cenderung sulit dilakukan. Namun, kamu perlu ingat bahwa membangun batasan untuk diri sendiri adalah bentuk rasa menghargai dan mencintai diri sendiri. 

Tidak hanya dari segi mental, mencintai diri sendiri juga perlu dilakukan dengan merawat fisikmu. TemanKami perlu ingat untuk memprioritaskan kesehatan dengan merawat tubuh, beristirahat yang cukup, serta mengelola stres dengan baik. Tidak ada salahnya memberikan self reward kepada diri sendiri saat TemanKami merasa penat dengan aktivitas sehari-hari. Kamu bisa melihat tips self reward anti boncos di sini, ya! 

Mencintai diri sendiri berarti mengenal, menghargai, dan bersyukur atas apa yang dimiliki diri sendiri. TemanKami perlu ingat untuk cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Jangan lupa untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri karena yang membawamu sampai titik di mana kamu sekarang adalah dirimu sendiri.