Meski masuk dalam daftar investasi fluktuatif dengan resiko tinggi, justru belakangan ini banyak anak muda yang mulai tertarik dengan investasi saham. Hal ini diperkuat dengan peran influencer dan kampanye positif dari BEI tentang seluk-beluk saham di sosial media.

Namun meski informasi yang beredar di dunia maya sudah cukup lengkap, rasanya ada yang kurang jika kamu belajar investasi saham, tapi belum baca beberapa buku berikut ini.

  1. The Four Pillars of Investing

Buku karya Dr. William Bernstein ini dianggap sebagai maha karkya luar biasa di dunia investasi. Banyak ulasan positif terkait kemunculan buku ini, bahkan The Four Pillars of Investing dianggap sebagai curahan semua pengetahuan Dr. William dalam dunia investasi.

Secara umum, The Four Pillars of Investing berisi tentang 4 pilar utama dunia investasi, mulai dari teori dasar, sejarah, psikologi investasi hingga bisnis investasi. Buku ini jadi bacaan wajib buat para investor pemula yang ingin menyusun rencana investasi dengan ‘sempurna’.

  1. Rich Dad, Poor Dad

Robert Kiyosaki dikenal sebagai salah satu penulis bisnis yang sukses dengan karya-karyanya yang luar biasa. Bahkan beberapa bukunya masuk dalam kategori best seller, dan sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin belajar investasi saham, salah satunya buku berjudul Rich Dad, Poor Dad.

Dalam buku ini, Robert Kiyosaki bicara tentang kebebasan finansial, dan perbedaan pola kerja orang kaya dan orang miskin. Menurutnya, orang yang bermental miskin bekerja untuk ‘menjadi kaya’, sementara orang yang bermental kaya akan bekerja untuk belajar.

  1. The Essays of Warren Buffett

Warren Buffett dikenal sebagai salah satu investor paling sukses dan paling berpengaruh di dunia. Dalam bukunya yang berjudul The Essays of Warren Buffett, pria yang dikenal juga sebagai filantropis tersebut banyak bicara tentang belajar mengenai manajemen perusahaan dan pemegang sahamnya.

Tidak hanya itu, dalam bukunya tersebut, Warren menyarankan agar para investor muda harus terlibat dalam proses pemikiran dalam meningkatkan nilai perusahaan, mencakup diskusi tentang tata kelola keuangan, investasi, akuisisi, alternatif saham dan masalah pajak.

  1. A Random Walk Down Wall Street

Burton Malkiel dikenal sebagai penulis buku tentang bisnis yang cukup sukses. Pria yang dikenal sebagai ekonom dan profesor dari Universitas Princeton tersebut banyak menelurkan karya luar biasa, salah satunya buku berjudul A Random Walk Down Wall Street yang terjual lebih dari 1,5 juta copy.

Dalam buku ini, Burton menegaskan jika kamu jangan terlalu memprioritaskan pada keuntungan cepat, namun lebih kepada investasi jangka panjang. Dalam buku ini, Burton pun memberikan tips tentang cara memprediksi harga, dan menghindari kesalahan yang biasa dilakukan investor pemula.

  1. The Intelligent Investor

The Intelligent Investor merupakan salah satu buku klasik yang ditulis tahun 1949. Bahkan buku karya Benjamin Graham tersebut mendapat ulasan positif dari penulis sekaligus ekonom ternama, Warren Buffett, sebagai buku yang membawa paradigma baru dalam investasi saham.

Dalam belajar investasi saham, Benjamin menyarankan agar kamu menggali sejarah saham dan melakukan analisis fundamental terhadap sebuah saham. Dalam buku ini, kamu pun akan menemukan tips bagaimana cara mengelola portofolio, termasuk melakukan pendekatan positif dan defensif.