Pernah mendengar istilah gamification? Dalam dunia pendidikan, istilah gamification kerap digunakan untuk merujuk kepada aktivitas belajar yang dilakukan dengan cara yang menyenangkan, atau dalam istilah sederhananya, belajar sambil bermain. 

Dalam dunia perekonomian, ada istilah yang punya banyak kesamaan, namun bedanya ini berada dalam ruang lingkup keuangan, yanki financial gamification. Lantas, apa sih financial gamification itu? Yuk kita pelajari lebih dalam tentang istilah yang belakangan ini mulai populer tersebut. 

Apa itu Financial Gamification?

Gamification atau gamifikasi secara umum diartikan sebagai metode untuk menyelesaikan berbagai masalah lewat permainan. Tidak hanya dalam aktivitas belajar mengajar, metode gamification kerap digunakan dalam banyak bidang kehidupan, seperti dalam menyelesaikan masalah keuangan.

Dalam menyelesaikan masalah keuangan, ada banyak metode atau jenis permainan yang bisa kamu gunakan, misalnya permainan monopoly. Dalam permainan tersebut, kamu akan diperkenalkan dengan berbagai istilah dalam keuangan, seperti pembayaran pajak, investasi dan lainnya. 

Selain monopoli yang merupakan gameboard klasik, kamu pun bisa mencoba permainan arus kas atau pengelolaan cash flow dari RichDad. Kamu bisa mengakses permainan tersebut di situs resminya, richdad.com. Game tersebut bisa kamu jumpai di bagian tab game and online product.

Dalam perencanaan keuangan, financial gamification pada dasarnya hanya metode untuk belajar bagaimana cara mengelola keuangan, baik keuangan perusahaan maupun pribadi. Namun yang terpenting, seberapa besar kamu berusaha menyelesaikan berbagai masalah keuangan tersebut.

Lebih Menyenangkan

Terlepas dari alasan kamu belajar permainan untuk menyelesaikan masalah keuangan, dan seberapa cepat kamu mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata, secara umum financial gamification akan mengajak kamu untuk belajar masalah keuangan dengan cara menyenangkan. 

Metode ini sangat jarang diterapkan di Indonesia yang masih menggunakan sistem pengajaran pasif, dan cenderung ‘membosankan’. Alhasil, materi pembelajaran masalah finansial masih dianggap sebagai hal yang rumit dan kaku, sehingga sulit diterima oleh kebanyakan anak muda. 

Imbasnya, saat mengalami masalah finansial, mereka baru menyadari pentingnya menguasai arus kas, membiasakan diri merencanakan keuangan, dan pentingnya berinvestasi. Cenderung terlambat, namun itulah fakta yang harus kita hadapi. 

Bagaimana dengan Aplikasi Keuangan?

Apakah financial gamification sama dengan aplikasi keuangan? Keduanya jelas berbeda. Seperti dijelaskan di atas, financial gamification merupakan permainan yang mengajarkan dan membiasakan kamu menggunakan istilah-istilah keuangan dengan cara yang menyenangkan. 

Artinya, semua yang ditampilkan di financial gamification hanya sebatas fantasi, dan digunakan sebagai media edukasi. Selain itu, semua yang ditampilkan dalam permainan tersebut merupakan simulasi dari kondisi keuangan yang mungkin akan kamu alami.

Sementara untuk aplikasi finansial, umumnya aplikasi ini ditawarkan untuk membantu memudahkan kamu dalam mengelola keuangan. Selain itu, aplikasi keuangan disediakan secara khusus untuk menyelesaikan masalah keuangan secara nyata, termasuk membantu mengatur arus kas. 

Bahkan dalam beberapa aplikasi kamu akan menemukan fitur alarm yang menandakan kamu sudah mulai boros, fitur pengingat investasi dan lainnya. Semakin lengkap fitur yang disediakan, otomatis harga yang ditawarkan pun akan semakin tinggi. 

Nah dengan dua fungsi yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi finansial bersama dengan financial gamification. Dengan cara ini, diharapkan kamu akan lebih melek keuangan.