Adakami.id – Hai TemanKami! Pernah nggak sih kalian dapat Whatsapp atau undangan ke Group Telegram untuk kerjaan Freelance? Kalau belum, ya bersyukur, tapi kalau pernah, kalian nggak kena tipu kan? 

Dalam era digital yang sudah sangat canggih, penipu pun makin berwawasan luas dalam mencuri. Salah satu yang masih ramai ditemukan ialah penipuan dengan berkedok menawarkan kerjaan Freelance “cukup like atau subscribe”.  Pertamanya, penipu akan membayar gaji sesuai tawaran tetapi selanjutnya akan ada deposit yang harus dibayarkan. Walaupun terlihat aneh karena harus membayar dulu, banyak lho yang kena penipuan kasus begini. Penasaran nggak? Yuk, kita baca kasus yang pernah kejadian di AdaKami!

Penipu chat melalui Whatsapp atau undangan langsung ke Group Telegram

Penipu akan menawarkan pekerjaan freelance dan ketika korban setuju maka akan diberikan tugas berupa like video ataupun foto yang nantinya akan dibayar penipu. Setelah korban dibayar makan tentu sudah percaya dan akan dengan mudah melakukan deposit yang diminta si penipu.

Deposit Uang

Biasanya di tugas selanjutnya akan ada permainan deposit di mana penipu menyuruh korban untuk deposit dari nominal yang sedikit dan lama kelamaan akan banyak. Bahkan dilansir dari CNN Indonesia tahun 2023 “Bahkan ada tuh yang DM saya sampai menyertakan bukti laporannya ke polisi, dia sudah ketipu sampai Rp358 juta, dan itu sama-sama lapor ke Polres Depok sebagai kasus serupa. Dia habis Rp358 juta, dia lapor ke polisi dan sama lapornya ke Polres Depok bahkan dari sebelum lebaran sampai sekarang belum ada tindak lanjut apa pun.”

Diarahkan untuk meminjam ke P2P Lending

Setelah masuk ke deposit yang mulai besar, korban yang belum memiliki modal deposit akan diarahkan penipu untuk mendownload aplikasi pinjaman online dengan iming-iming pinjaman online ini sudah bekerjasama sebagai mitra. Sehingga, korban akan diarahkan melakukan deposit menggunakan uang pinjaman.

Apabila TemanKami merasa terganggu dengan pesan modus penipuan dengan nomor tak dikenal, Apalagi menawarkan kerjaan seperti di atas yang mengaku sebagai mitra AdaKami, TemanKami dapat langsung melakukan pemblokiran kontak maupun melakukan laporan di WhatsApp.

Kalian juga bisa laporkan penipuan mengatasnamakan AdaKami ke CS Resmi AdaKami di:

Hotline: 15000-77

Email: hello@cs.adakami.id

DM ke akun Social Media AdaKami yang terverifikasi