AdaKami.id – Lebaran Iduladha atau Hari Raya Kurban adalah salah satu hari besar yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Hari raya ini memperingati kisah Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya, Ismail, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Namun, pada akhirnya, Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba untuk disembelih. Berdasarkan kisah itu, salah satu cara memperingati hari raya Iduladha adalah berkurban. 

Berkurban tidak hanya soal pengorbanan hewan, melainkan juga kesediaan hati berbagi rezeki kepada sesama. Hukum berkurban sendiri merupakan wajib bagi umat muslim yang mampu secara finansial. Namun, tidak dapat dipungkiri, harga hewan kurban menjelang hari raya sering kali naik. Oleh karena itu, TemanKami tetap perlu merencanakan anggaran untuk membeli hewan kurban. Berikut beberapa tips menabung yang bisa kamu lakukan: 

  1. Cari Tahu Harga Hewan Kurban yang Ingin Dibeli
    Harga hewan kurban bisa jadi berbeda setiap tahunnya. Untuk itu, TemanKami perlu menentukan hewan apa yang akan kamu beli dan mencari tahu harganya sebelum mulai menabung. Biasanya, semakin besar hewan kurban yang ingin dibeli, semakin besar pula biaya yang perlu disiapkan. Oleh karena itu, pastikan target sesuai kemampuanmu, ya! Apabila kamu ingin membeli hewan kurban berukuran besar, seperti sapi atau unta, kamu bisa membelinya dengan cara patungan dengan enam orang lainnya. Kalau memang anggaranmu cukup, kamu juga bisa membeli hewan kurban berukuran besar seorang diri.
  1. Sisihkan Dana 
    Kita sering memilih menabung dana yang tersisa daripada menyisihkan tabungan sejak awal. Sebenarnya, cara ini kurang efektif untuk menabung. Kadangkala, kita tergoda membeli sesuatu secara  impulsif yang membuat lebih boros dan tidak bisa  menyisakan dana. Oleh karena itu, TemanKami perlu menyisihkan sebagian dari pendapatanmu lebih dahulu untuk bisa menabung secara konsisten.
  1. Buat Rekening Terpisah untuk Menabung
    Selain menyisihkan dana di awal waktu, TemanKami juga bisa memisahkan rekening tabungan untuk membeli hewan kurban. Adanya rekening tabungan terpisah untuk hewan kurban dapat memudahkan kamu menyisihkan dana. Tidak hanya itu, adanya rekening terpisah juga bisa membantumu memonitor jumlah tabungan yang kamu miliki.
  1. Ikut Arisan Kurban
    Apakah TemanKami pernah mendengar istilah arisan kurban? Arisan kurban biasanya diadakan oleh jamiah masjid dengan tujuan memudahkan masyarakat melaksanakan ibadah kurban. Dana urunan arisan kurban dibayarkan secara berkala atau dicicil setiap bulan. Nah, pemenang arisan kurban boleh memanfaatkan dana yang diterima untuk membeli hewan kurban atas nama pribadi. Bagaimana? Apakah kamu tertarik ikut arisan kurban? 

Meski merupakan salah satu ibadah wajib di kalangan  umat Islam, bukan berarti TemanKami harus mengorbankan biaya kebutuhan sehari-hari, apalagi harus menambah utang. TemanKami bisa mulai merencanakan anggaran dan menabung agar dana untuk membeli hewan kurban tercukupi dan kondisi keuangan tetap sehat. Untuk membantumu menabung secara konsisten, TemanKami perlu mencatat cash flow secara teratur. Kamu bisa lihat tips catat cash flow di sini, ya!