Adakami.id – TemanKami, kamu berencana pergike luar negeri, tapi masih bingung terkait persiapannya? Yeay! Sekarang kamu sudahdi artikel yang tepat! Sebelum berlibur ke luar negeri, penting bagi para wisatawan mempersiapkan segala perlengkapan dengan matang agar perjalanan berjalan lancar. 

Persiapan ini sangat penting, terutama bagi mereka yang pertama kali bepergian ke luar negeri. Untuk mengetahui apa saja yang harus disiapkan sebelum liburan ke luar negeri, simak penjelasan berikut, yuk!

1. Siapkan Paspor

Paspor merupakan salah satu syarat utama untuk pergi ke luar negeri. Tanpa paspor, wisatawan tidak akan diizinkan masuk ke negara tujuan. Selain itu, paspor juga diperlukan saat membeli tiket pesawat. Oleh karena itu, penting untuk TemanKami memiliki paspor sejak awal. Kamu bisa membuatnya di Kantor Imigrasi terdekat dan melihat panduan mengenai persyaratan dan cara membuat paspor di situs www.imigrasi.go.id .

2. Siapkan Visa

Selain paspor, syarat lain yang perlu TemanKami siapkan adalah visa. Visa adalah izin untuk memasuki suatu negara. Pada saat ini, ada beberapa negara yang membebaskan penggunaan visa, tetapi ada juga yang mewajibkannya. Oleh karena itu, sebelum berlibur ke luar negeri, sebaiknya cari tahu informasi mengenai cara mengurus visa, biaya, serta dokumen yang diperlukan. Pastikan untuk mengurus visa jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan ya, TemanKami!

3. Siapkan Mata Uang yang Berlaku

Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda-beda. Pastikan TemanKami telah menukar rupiah dengan mata uang yang berlaku di negara tujuan. Sesuaikan jumlah penukaran dengan kebutuhan agar tidak berlebihan. Pilihlah pecahan uang yang beragam, mulai dari nominal besar hingga kecil, untuk memenuhi berbagai keperluan.

4. Booking Tiket Pesawat dan Hotel

Selanjutnya adalah booking tiket pesawat untuk perjalanan. TemanKami bisa membandingkan beberapa maskapai untuk menemukan tiket dengan harga terbaik. Selain tiket pesawat, sebaiknya TemanKami juga menyiapkan hotel atau penginapan pada jauh-jauh hari. Sebab, mencari penginapan ketika sudah berada di luar negeri bisa jadi sangat sulit, lho. Lakukan pemesanan secara online dan pilih penginapan yang lokasinya dekat dengan berbagai fasilitas publik untuk memudahkan mobilitasmu selama di sana.

5. Miliki Asuransi Perjalanan

Hal lain yang perlu disiapkan sebelum liburan ke luar negeri adalah asuransi perjalanan. Meskipun tidak wajib, sebaiknya asuransi perjalanan dimiliki karena beberapa negara mewajibkan wisatawan asing untuk memiliki asuransi ini.

Menurut situs resmi OJK, asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan selama perjalanan. Asuransi ini membantu mengurangi dampak finansial dari risiko kerugian yang mungkin terjadi saat bepergian.

6. Pelajari Budaya Negara yang Dituju

Saat bepergian ke luar negeri, penting untuk mempelajari budaya negara yang dituju agar TemanKami dapat lebih menghargai  kebiasaan serta nilai-nilai masyarakat setempat. Dengan mengetahui etiket, bahasa dasar, dan tradisi lokal, kamu akan lebih mudah beradaptasi dan dapat menghindari kesalahpahaman yang mungkin saja bisa terjadi.

Itulah sederet informasi mengenai tips liburan ke luar negeri yang dapat TemanKami terapkan. Mulai sekarang, kamu bisa mempersiapkannya dengan baik sejak awal. Bagi TemanKami yang ingin membuat perencanaan keuangan sebelum berlibur ke luar negeri, kamu bisa membaca artikel AdaKami lainnya di sini, ya!