AdaKami.id – Liburan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh keluarga, khususnya saat masa liburan sekolah anak. Biasanya orang tua merencanakan perjalanan ke beberapa destinasi wisata dan kegiatan, seperti mengeksplorasi tempat-tempat wisata baru, atau mencoba kuliner di tempat baru. Saat liburan bersama keluarga, anak-anak dapat menikmati pengalaman yang menyenangkan dan merasa lebih dekat dengan keluarga. Tidak jarang, orang tua memilih berwisata ke luar negeri sebagai destinasi liburan bersama keluarga. 

Namun, TemanKami perlu tahu bahwa liburan ke luar negeri bisa menjadi masalah bagi keuangan jika tanpa perencanaan keuangan dan perjalanan. Liburan ke luar negeri tanpa perencanaan keuangan dan perjalanan, dapat membuat keuangan keluarga tidak. Seperti berbelanja oleh-oleh secara impulsif sehingga menimbulkan pembengkakan anggaran liburan yang tidak terukur. Oleh karena itu, TemanKami perlu membuat perencanaan yang matang sebelum pergi berlibur agar terhindar dari kebiasaan yang boros selama liburan. Nah, Berikut beberapa tips AdaKami bagi TemanKami yang ingin berlibur ke luar negeri bersama keluarga tanpa harus dibebani oleh masalah keuangan:

  1. Buat rencana perjalanan
    TemanKami perlu membuat rencana perjalanan, dimulai dari menentukan tujuan, lama liburan, hingga estimasi biaya yang diperlukan. Buatlah rencana anggaran yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu dan tetap patuhi anggaran tersebut selama liburan.
  2. Siapkan dana liburan
    TemanKami bisa membuat rekening terpisah untuk mengumpulkan dana liburan. Kamu bisa mulai dengan membuat estimasi anggaran yang realistis dan secara konsisten menyisihkan uang untuk ditabung di rekening dana tabungan. Lalu, gunakanlah dana tersebut khusus untuk liburan, dan jangan mencampurkannya dengan keperluan lain.
  3. Pastikan destinasi sesuai budget
    Pergi berlibur tidak perlu selalu ke destinasi yang mahal atau mewah. TemanKami bisa  mempertimbangkan pilihan liburan yang lebih ekonomis, seperti mencari negara tujuan dengan kurs mata uang yang lebih rendah daripada negara asal kamu, menginap di akomodasi yang lebih terjangkau, atau mencari promo hotel dan tiket pesawat.
  4. Memilih paket hemat liburan yang efisien
    Jika TemanKami memiliki anggaran terbatas, manfaatkan dana liburan dengan efisien. Cari paket liburan yang menawarkan lebih banyak pilihan dengan harga yang terjangkau, hindari pengeluaran berlebihan, dan prioritaskan pengeluaran untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Berikut beberapa destinasi negara yang bisa TemanKami kunjungi bersama keluarga dengan anggaran yang terbatas:

  1. Thailand
    Thailand menawarkan beragam kegiatan menarik dengan biaya yang cukup murah. Biaya hostel dan transportasi online pun termasuk murah, berkisar Rp100.000 – Rp400.000 dan makanan pinggir jalan mulai dari Rp20.000 saja.
  2. Malaysia
    Bukan hanya karena jaraknya yang dekat, mata uang Malaysia hanya beda sedikit dengan Indonesia. 1 Ringgit Malaysia setara dengan sekitar Rp3.500. Selain itu, biaya transportasi umum di sana pun terjangkau, yaitu sekitar Rp5.000 untuk satu kali jalan. Biaya makanan pinggir jalannya juga dimulai dari Rp20.000 – 25.000 saja.
  3. Vietnam
    Negara ini menawarkan beragam destinasi wisata dan kegiatan dengan biaya yang terjangkau. Teman kami dapat membeli paket tur ke Vietnam selama lima hari empat malam dengan harga Rp4,7 juta saja loh. Destinasi langganan turis yang berlibur ke Vietnam Kota Ho Chi Minh, American Embassy, Notre Dame Chatedral, Old Sai Gon Post Office, Hong Ah Collection, Diamond Plaza, Miss Ao Dai, dan 3D Storey department store.

Tunggu apalagi? Yuk, rencanakan liburan hemat ke luar negeri bersama keluarga!

Sumber:

Cermati.com. (2022, September 1). Siapkan Sebelum Berangkat, Ketahui Apa Itu Dana Liburan, Tujuan Memiliki, Hingga Cara Hitungnya. Cermati.com. https://www.cermati.com/artikel/dana-liburan

CNBC Indonesia. (2022, November 24). Catat Nih! Tips Liburan Anti Boncos. CNBC Indonesia. Retrieved July 21, 2023, from https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20221124161927-72-390955/catat-nih-tips-liburan-anti-boncos

Kompas.com. (2023, January 23). Budget Rp 5 Juta Liburan ke Luar Negeri, Bisa ke 4 Negara Ini Halaman all – Kompas.com. Travel Kompas. https://travel.kompas.com/read/2023/01/23/183203227/budget-rp-5-juta-liburan-ke-luar-negeri-bisa-ke-4-negara-ini?page=all