AdaKami.id – Akhir-akhir ini mobil Jeep Rubicon menjadi perbincangan banyak orang, apalagi setelah insiden yang melibatkan salah satu anggota keluarga oknum pejabat ramai di media sosial. Dilansir dari Detik Oto, mobil Jeep Rubicon yang sedang viral tersebut merupakan jenis mobil mewah seharga 1,1 hingga 2 miliar rupiah. Kamu dapat membeli mobil ini dengan mencicil. Tapi kamu harus ingat untuk tetap menjaga kestabilan keuanganmu, dengan mempertimbangkan besarnya pengeluaran.

Kamu dapat mempertimbangkan besarnya pengeluaran untuk membeli kendaraan bermotor, yaitu dengan berpatokan pada besarnya penghasilan yang kamu dapatkan. Dari besaran penghasilan yang didapatkantersebut, angka cicilan kredit ideal adalah maksimal 30% dari total penghasilan bersih per bulan. Jadi, jika kamu ingin membeli mobil Jeep Rubicon, berapa sih besar cicilan dan pemasukan ideal yang perlu kamu miliki?

Berikut adalah simulasi perhitungan penghasilan ideal dan cicilan untuk membeli mobil Rubicon menurut CNBC Indonesia:

Jika harga mobil senilai 900 juta dan uang muka sebesar 30% atau Rp 270 juta dengan bunga sebesar 4,8% per tahun. Maka, simulasi cicilan yang perlu dibayarkan adalah:

Cicilan pokok per bulan: Rp 13,1 juta
Cicilan bunga: Rp 2,52 juta
Total angsuran: Rp 15,6 juta

Maka, penghasilan minimum yang ideal untuk membeli mobil Rubicon dengan cicilan adalah sebesar Rp 52 juta. Kamu juga disarankan untuk tidak menambah cicilan di tempat lainnya, karena nilai tersebut adalah nilai maksimal, 30% dari pemasukan yang kamu punya.

Namun, perlu diingat, angka di atas adalah simulasi semata. Bisa jadi angka dari dealer akan berbeda dengan simulasi tersebut. Mobil juga termasuk aset yang mengalami penurunan nilai ekonomi atau dikenal dengan depresiasi. Selain itu, mobil merupakan objek kena pajak, di mana semakin mewah mobil yang kamu miliki, semakin mahal pajak yang harus kamu bayar. Dengan demikian, besar penghasilan dan cicilan  cicilan yang perlu kamu bayar pun akan berbeda, bergantung pada kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Tips AdaKami: Sebelum membeli mobil atau kebutuhan tersier lainnya, sebaiknya kamu pertimbangkan kebutuhan dan kemampuan finansialmu terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyisihkan pendapatanmu, untuk dana darurat, asuransi, dan kebutuhan pokok lainnya yang perlu kamu penuhi. Kamu bisa mempelajari cara mengatur keuanganmu dengan membaca artikel berikut ya.

Sumber:
CNBC Indonesia. (2023, Februari 24). Segini Minimal Gaji Jika Mau Kredit Rubicon Milik Rafael Alun. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20230224162338-72-416831/segini-minimal-gaji-jika-mau-kredit-rubicon-milik-rafael-alun

Tim Detik.com. (2023, Februari 26). Simulasi Kredit Jeep Wrangler Rubicon, Segini Perkiraan Cicilannya. Retrieved from Detik Oto: https://oto.detik.com/mobil/d-6589411/simulasi-kredit-jeep-wrangler-rubicon-segini-perkiraan-cicilannya