UMKM saat ini memang menjadi salah satu penopang perekonomian yang sangat penting. Namun, semakin banyak UMKM yang berdiri, persaingan yang ada pun akan semakin ketat sehingga UMKM dituntut untuk memiliki daya saing yang kuat. Oleh karenanya, manajemen SDM menjadi hal yang begitu penting bagi UMKM terutama untuk meningkatkan daya saing mereka.

Dengan manajemen SDM yang baik, maka nantinya akan dihasilkan individu-individu yang berkualitas dan memiliki pengetahuan yang lebih baik. Tentu saja, nantinya akan tercipta berbagai inovasi yang menarik dari UMKM tersebut agar eksistensi mereka tetap terjaga dan tidak goyah digerus persaingan.

Lantas, bagaimana langkah yang tepat terkait peningkatan manajemen SDM tersebut?

Langkah Jitu Untuk Meningkatkan Manajemen SDM UMKM

Apa yang disebut dengan manajemen SDM adalah sekumpulan rencana terkait pengembangan, perbaikan, serta evaluasi dari sumber daya UMKM agar usaha bisa berjalan dengan lebih baik. Tentu saja, usaha tersebut harus dilakukan secara terstruktur dan sistematis demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, beberapa langkah yang bisa dilakukan guna meningkatkan manajemen SDM tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyusun Organisasi UMKM

Salah satu cara peningkatan manajemen SDM yang sangat tepat untuk dilakukan adalah dengan menyusun struktur organisasi UMKM. Ini adalah hal yang begitu krusial karena organisasi adalah roh dari UMKM yang akan menentukan bagaimana arah usaha ke depan.

Dalam hal ini, Kamu harus mulai dengan menunjuk orang-orang yang tepat untuk beberapa posisi yang penting. Beberapa posisi yang dimaksud diantaranya adalah koordinator produksi, bendahara, staff khusus, dan lainnya.

Tentu saja, penunjukkan nantinya akan berpengaruh pada bagaimana strategi yang akan dijalankan. Nah, dengan orang-orang yang cakap, maka akan tercipta strategi yang tepat.

2. Mulai Proses Seleksi Anggota Baru

Jika UMKM yang Kamu geluti sudah memiliki banyak bidang pekerjaan serta membutuhkan karyawan baru dalam jumlah yang cukup signifikan, maka Kamu harus segera melakukan proses seleksi karyawan yang baru. Perlu diketahui, Kamu harus berhati-hati dalam proses ini karena kelangsungan UMKM akan sangat berpengaruh.

Salah satu kesalahan yang jamak terjadi adalah UMKM merekrut karyawan baru dengan asal-asalan. Mereka tidak memikirkan kompetensi yang dimiliki dan hanya mengandalkan kedekatan saja sebagai standar pemilihan. Padahal, anggota yang diperlukan adalah mereka yang memiliki pengetahuan yang luas dan kompetensi sesuai kebutuhan.

Oleh karenanya, Kamu harus membuat sistem perekrutan yang modern dan baik. Lakukan seleksi secara detail dalam setiap perekrutan yang dilakukan. Tentu, dengan seleksi yang lebih detail ini, maka manajemen SDM akan bisa berjalan dengan lebih baik dan melahirkan karyawan yang berdedikasi serta memiliki keunggulan.

3. Membuat Pelatihan

Langkah lain yang begitu krusial untuk meningkatkan manajemen SDM pada UMKM adalah dengan membuat pelatihan. Bisa dikatakan jika pelatihan merupakan hal yang begitu penting terutama yang berkaitan dengan peningkatan skill pada karyawan.

Ya, dengan pelatihan yang dilakukan, maka karyawan akan memiliki pengetahuan yang baru, terutama yang berkaitan dengan job desk mereka. Tidak hanya itu, kecakapan karyawan pun akan semakin bertambah dan akan muncul ide-ide baru yang berkaitan dengan UMKM sehingga perjalanan bisnis akan semakin lancar ke depan.

Tentu saja, Kamu harus bijak dalam membuat pelatihan bagi SDM UMKM. Artinya, pilih jenis pelatihan apa yang memang diperlukan, terutama untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin sengit.

4. Membuat Kebijakan UMKM yang Jelas

Hal lain yang juga perlu dilakukan adalah memperbarui arah kebijakan dari UMKM. Kesalahan umum yang dilakukan oleh manajemen UMKM adalah mereka tidak menganggap kebijakan sebagai hal yang penting. Prinsip dadakan seringkali diambil karena manajemen tidak ingin pusing untuk memikirkan sistem secara keseluruhan.

Padahal, perlu diketahui bahwa membangun sistem adalah hal yang sangat diperlukan. Membangun sistem berarti membangun kebiasaan dari UMKM. Oleh karenanya, dalam hal ini, Kamu harus membuat kebijakan UMKM yang jelas. Arah usaha harus ditentukan sejak awal.

Selain itu, segala prosedur yang berkaitan dengan usaha juga harus ditentukan. Jangan sampai peraturan serta prosedur perusahaan terlalu sering diganti karena hanya akan menyebabkan ketidakstabilan dalam manajemen.

5. Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Melakukan evaluasi secara berkala adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam menjalankan unit UMKM. Sayangnya, poin yang satu ini masih banyak dianggap remeh oleh para pelaku UMKM.

Nah, untuk meningkatkan manajemen SDM, lakukan evaluasi program dan kebijakan secara berkala. Dengan evaluasi ini maka Kamu akan menemukan mana program yang harus diganti ataupun dipertahankan.

Beberapa poin di atas bisa menjadi landasan umum bagaimana langkah yang harus diambil ketika ingin melakukan peningkatan manajemen SDM. Tentu saja, untuk mendapatkan hasil yang baik, perlu kemauan yang keras serta dukungan semua pihak. Namun, jerih payah tersebut nantinya akan membuahkan hasil ketika UMKM terus berkembang dengan SDM yang semakin berkualitas!