Media sosial belakangan ini tidak hanya dijadikan sebagai penunjang aktivitas sosial saja, tapi juga sudah berkembang jadi sarana penunjang kegiatan bisnis. Misalnya Instagram yang bisa kamu gunakan sebagai penunjang promosi, sekaligus sebagai sarana penjualan produk.

Tapi ingat, meski terlihat mudah, faktanya memanfaatkan instagram sebagai sarana bisnis membutuhkan trik-trik khusus. Berikut merupakan beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum serius menggunakan Instagram sebagai sarana bisnis.

Targetkan Jumlah Followers Sesuai Target Konsumen

Followers ibaratnya kerumunan orang di pasar, banyak belum tentu bisa jadi konsumen setia kamu. Maka dari itu, pastikan kamu terus meningkatkan jumlah follower akun Instagram tersebut, dan usahakan mereka merupakan target utama dari produk yang kamu pasarkan.

Misalnya jika kamu menjual produk-produk kuliner, pastikan followers kamu merupakan para pecinta kuliner, atau minimalnya mereka yang selalu tergoda untuk mencoba produk kuliner terbaru. Hal ini berlaku untuk kamu yang berjualan produk perlengkapan olahraga, dan lainnya.

Selain itu, pastikan follower kamu merupakan akun aktif. Makanya, sangat tidak disarankan kamu membeli followers dari penyedia jasa. Ingat, target kamu bukan hanya populer, tapi juga mendapatkan konsumen yang berpotensi membeli produk yang kamu tawarkan.

Rutin Unggah Foto Produk

Pastikan kamu rutin mengunggah foto produk-produk kamu. Meski produk yang dijual sejenis, tidak masalah menampilkan produk dengan sudut pandang berbeda. Selain itu, kamu pun bisa menarik minat konsumen dengan menampilkan video singkat dari produk yang kamu jual.

Agar lebih menarik, jangan lupa untuk menggunakan trik editing sederhana agar produk yang kamu tawarkan terlihat lebih menarik dan profesional. Dalam hal ini, memahami teknik fotografi sederhana sangat dibutuhkan untuk mendapatkan foto yang lebih maksimal.

Jika harus menggunakan model, pastikan kamu memilih model yang terlihat menarik. Makin menarik foto yang kamu tampilkan, konsumen akan lebih tertarik dengan produk yang kamu jual. Jika ada konsumen yang meminta real pic, silahkan share di DM saja.

Buat Event Promo dan Diskon

Jangan ragu untuk menebar diskon dan membuat event promosi secara berkala. Bahkan dalam beberapa kesempatan, kamu bisa memberikan giveaway bagi follower kamu. tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku, misalnya me-mention produk tersebut kepada 10 orang temannya, dan lainnya.

Tidak hanya itu, kamu pun bisa membuat survei kecil-kecilan tentang produk yang diinginkan follower kamu. Agar lebih menarik, sediakan juga hadiah khusus, mulai dari voucher diskon atau voucher belanja, atau hadiah menarik lainnya.

Teknik ini digunakan untuk lebih menarik minat followers kamu lainnya, sekaligus menumbuhkan kepercayaan kepada produk yang kamu tawarkan. Jangan lupa untuk meminta testimoni konsumen dan mengunggahnya dalam akun tersebut.

Memaksimalkan Fungsi Hashtag

Hashtag atau tagar merupakan salah satu trik yang wajib digunakan untuk memudahkan kamu menemukan target konsumen. Kelebihan dari trik ini adalah, konsumen yang datang benar-benar membutuhkan produk yang kamu tawarkan.

Maka dari itu, pastikan kamu memilih hastag yang tepat dan sesuai dengan produk yang ditawarkan. Tidak masalah jika harus bersaing dengan pengguna Instagram yang menjual produk sejenis, yang penting kamu bisa memastikan jika produk yang ditawarkan jauh lebih unggul.

Jika sudah punya modal yang cukup, kamu bisa meng-upgrade akun instagram kamu menjadi akun bisnis agar punya fitur promotion. Kelebihannya, produk kamu akan muncul di timeline akun lain, meski mereka bukan followers kamu. Bagaimana, mudah bukan?