Adakami.id- Money script adalah salah satu faktor yang membentuk kesehatan finansial seseorang. Istilah Money script lahir dari psikolog keuangan, Ted Klontz dan Brad Klontz pada tahun 2011 dari studi yang dituangkan ke dalam Journal of Financial Therapy. Money script dapat diartikan sebagai kepercayaan seseorang tentang uang yang telah tertanam sejak masa anak-anak dan mempengaruhi perspektif serta perilaku seseorang dalam mengelola keuangan. Money script terbentuk dari ajaran orang tua dalam mengenalkan uang, serta pengalaman pribadi dalam mengelola keuangan. Oleh karena itu, biasanya, money script bersifat turun temurun dan sebagian besar orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki money script.

Dalam studi Klontz tentang kepercayaan dan perilaku keuangan dalam Journal of Financial Therapy, Klontz mengelompokkan masyarakat ke dalam empat jenis:

  1. Money status
    Orang-orang dalam kelompok ini cenderung menilai harga diri mereka berdasarkan jumlah bersih kekayaan yang mereka miliki. Mereka juga memprioritaskan penampilan mereka untuk menunjukkan kekayaannya. Oleh karena itu, seringkali mereka menghabiskan uang secara berlebihan untuk membeli barang-barang untuk membuat penampilan yang mereka mau. Tidak jarang juga mereka membelanjakan uangnya lebih dari yang mereka mampu.
  2. Money worship
    Orang-orang dalam kelompok ini memiliki kepercayaan bahwa uang adalah kunci dari kebahagiaan. Mereka juga cenderung percaya bahwa solusi dari segala permasalahan mereka adalah uang. Namun, di sisi lain mereka juga menyadari bahwa tidak akan ada orang yang memiliki uang yang cukup. Oleh karena itu, mereka cenderung membelanjakan kekayaannya untuk mendapatkan kebahagiaan mereka. Mereka juga cenderung memprioritaskan pekerjaan daripada keluarga. Mereka juga cenderung memberikan atau meminjamkan uang mereka kepada orang lain walaupun mereka belum tercukupi.
  3. Money vigilance
    Orang-orang dalam kelompok ini cenderung memprioritaskan kesehatan finansial mereka. Penting bagi mereka untuk merasa aman, dan memiliki rencana finansial yang jelas untuk masa depan. Mereka juga cenderung membelanjakan kekayaannya sesuai kemampuan mereka. Pola pikir dan perilaku ini memiliki pengaruh yang baik untuk kesehatan finansial. Namun, jika diterapkan terlalu ketat, pola pikir ini dapat mengganggu kesehatan mental dan kebahagiaan seseorang, karena pola pikir ini akan mencegah mereka untuk menikmati kekayaan yang mereka miliki untuk kebahagiaannya.
  4. Money avoidance
    Orang-orang dalam kelompok ini percaya bahwa uang adalah akar dari kejahatan. Mereka juga cenderung percaya bahwa orang kaya adalah orang yang rakus dan tamak. Dengan kepercayaan mereka tersebut, mereka bisa saja merusak jalan mereka sendiri untuk mencapai kesehatan finansial karena mereka cenderung memberikan uang tersebut ke orang lain. Oleh karena itu, biasanya orang dalam kelompok ini mengalami kesulitan dalam mengontrol budget

Kamu termasuk money script yang mana nih?

Tips Adakami: Apapun money script kamu selalu mulai dengan perencanaan keuangan agar terhindar dari rasa khawatir atau pengeluaran berlebihan. Kamu bisa mulai memilah antara kebutuhan dan keinginan kamu, serta membuat skala prioritas untuk setiap pengeluaran kamu. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan pokok sebelum membeli sesuatu yang diluar kebutuhan bulanan kamu.