AdaKami.id- TemanKami yang sudah bekerja, pernahkah kamu mengalami tekanan dari rekan kerja sebaya? Jika pernah, kondisi tersebut dinamakan peer pressure. Peer pressure adalah hal umum yang kerap terjadi di lingkungan kerja. Menurut ahli psikolog Allaya Cooks-Campbell, kondisi ini terjadi saat seseorang merasa terpaksa untuk mengikuti aturan tertentu atau perilaku dan tindakannya dipengaruhi oleh orang maupun kelompok tertentu di lingkungan kerja.

Tak hanya terjadi di lingkungan kerja, peer pressure juga kerap terjadi di lingkungan sekolah. Di mana seorang siswa terpaksa harus mengikuti suatu tindakan tertentu agar diterima oleh sekelompok siswa tertentu. Namun, kali ini AdaKami akan membahas secara khusus peer pressure dalam lingkungan kerja.

Menurut Client Centric, peer pressure di tempat kerja sering terjadi pada mereka yang harus bekerja dalam tim atau dengan orang lain. Kondisi ini juga dilatarbelakangi oleh kebutuhan setiap orang untuk diterima, divalidasi, dan dikenal di lingkungan kerja. Tentu hal itu adalah kebutuhan wajar seorang karyawan.

Peer pressure sendiri memiliki dua sisi baik positif maupun negatif.  Peer pressure adalah hal yang baik jika kelompok yang harus diikuti memiliki pengaruh positif dan baik, tentu rekan kerja lainnya akan berkembang dalam profesional. Sebagai contoh, TemanKami memiliki rekan kerja yang dewasa, profesional, dan bisa menghargai orang di sekitarnya, maka ia bisa memberikan pengaruh pada rekan kerja lainnya.

Di sisi lain, peer pressure akan berpengaruh negatif apabila pengaruh didasari oleh pandangan dan keinginan egois seseorang atau suatu kelompok di lingkungan kerja. Tentu saja hal ini akan berdampak pada diri sendiri dan orang lain. Contohnya TemanKami terpaksa mengikuti semua pengaruh dan tekanan dari rekan kerja agar bisa diterima di lingkungan kerja. Pada kasus tersebut, peer pressure bisa memberikan pengaruh buruk yang menyebabkan seseorang tidak bisa mengambil keputusan untuk dirinya sendiri. Namun, meski rekan kerja mungkin memiliki pengaruh dalam hal mengambil keputusan, pada akhirnya kamulah yang harus menentukan sendiri keputusan tersebut.

Nah, TemanKami, itu pengertian tentang apa itu peer pressure. Apakah TemanKami sendiri pernah mengalami peer pressure di tempat kerja? Jika pernah, yuk share cerita TemanKami di kolom komentar!

(*)

By F