Adakami.id – Apa yang ada di pikiranmu saat mendengar bangun jam 5 pagi? Hmm, TemanKami termasuk orang yang terbiasa bangun pagi atau orang yang bangun saat hari segera berakhir, nih? Untuk beberapa orang, bangun pagi mungkin dianggap sebagai hal yang menyebalkan dan sulit dilakukan, apalagi dijadikan kebiasaan. Namun, tahukah kamu? Salah satu waktu yang ideal untuk memulai hari adalah jam 5 pagi karena terdapat banyak manfaat bagi kesehatan dan produktivitasmu, lo! 

Bangun jam 5 pagi dapat memberikan ketenangan sebelum memulai hari. Pada waktu tersebut, biasanya belum banyak aktivitas yang terjadi di sekitar kita. Hal ini memberi waktu untuk kita merenung, merencanakan kegiatan yang akan dilakukan seharian, atau sekadar menghirup udara segar. Tidak hanya itu, TemanKami juga bisa menggunakan waktu ini untuk meningkatkan suasana hati dengan berolahraga. Apabila kamu melakukannya dengan konsisten, kamu dapat membangun pola tidur yang lebih sehat. Dengan begitu, kamu juga akan merasa lebih segar sepanjang hari. 

Tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik dan mental, bangun jam 5 pagi juga berdampak pada produktivitasmu saat menjalani hari. Kamu dapat menggunakan waktu di pagi hari untuk fokus pada hal-hal penting yang perlu kamu selesaikan. Waktu tersebut bisa menjadi salah satu waktu yang efektif untuk mengerjakan hal-hal yang memerlukan fokus lebih tinggi. Selain menyelesaikan hal yang perlu dilakukan, kamu juga bisa menggunakan waktumu untuk melakukan hobi yang kamu miliki tanpa gangguan dari tugas atau tekanan pekerjaan. Bangun pagi memberi TemanKami waktu tambahan untuk mengejar tujuan pribadi. Baik mempelajari sesuatu yang baru, menulis jurnal, atau merencanakan langkah-langkah menuju impianmu. Waktu di pagi hari bisa menjadi waktu yang berharga untuk mengejar apa pun yang ingin kamu capai.

Nah, berikut 3 tips yang bisa kamu coba lakukan untuk memulai kebiasaan bangun pagi: 

  1. Sesuaikan Alarm secara Bertahap

Bagi TemanKami yang belum terbiasa bangun pagi, mungkin akan sulit jika harus langsung menyesuaikan bangun jam 5 pagi. Kamu bisa mulai membiasakan diri dengan mengatur alarm lima belas menit lebih awal dari jam bangun tidurmu biasanya. Jadwalkan alarmmu lebih awal setiap beberapa hari. Perubahan secara bertahap ini akan membantu tubuhmu lebih mudah untuk beradaptasi. 

  1. Buat Jadwal Tidur yang teratur

Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan atau hari libur, untuk membantu tubuhmu terbiasa dengan pola tidur yang kamu buat. Konsistensi ini memperkuat jam internal tubuhmu dan membuatnya lebih mudah bangun pagi secara alami.

  1. Buat Rutinitas sebelum Tidur 

Manfaatkan satu jam terakhir sebelum tidur dengan melakukan aktivitas yang tenang. TemanKami bisa membaca, meditasi, atau mendengarkan musik yang dapat membuat rileks. Rutinitas ini memberi sinyal kepada tubuhmu, yaitu saatnya bersantai dan tidur.

Mengingat saat ini masih bulan Ramadan, kamu bisa mencoba untuk tidak kembali tidur setelah sahur. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan waktu di bulan Ramadan untuk membangun kebiasaan baru. Menjadikan ini sebagai kebiasaan bisa menjadi langkah besar menuju kesejahteraan fisik, mental, dan emosional yang lebih baik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa memanfaatkan waktu di pagi hari untuk mempelajari sesuatu. Salah satunya, meningkatkan literasi finansial melalui artikel AdaKami yang bisa kamu temui di sini.