Sebagai warga negara yang baik, sudah pasti salah satu faktornya adalah wajib pajak. Namun, pembayaran pajak sendiri terkadang memunculkan polemik dikarenakan caranya yang masih sedikit ruwet.  Berikut ini adalah contoh SPT tahunan pribadi serta apa saja yang diperlukan untuk mempersiapkan dokumen pembuatan SPT tahunan pribadi.

Persiapan SPT Tahunan

Untuk pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen. Dokumen ini mulai dari bukti potong PPh hingga bukti penyetoran PPh terakhir. Tetapi ada juga beberapa dokumen pribadi yang harus disiapkan yakni kartu keluarga, daftar hutang, daftar harta, catatan omset perbulan. Walaupun terkesan sedikit ribet tapi tenang saja caranya sebenarnya tidak terlalu merepotkan.

Setelah dokumen-dokumen tersebut Kamu lengkapi, Kamu hanya perlu mendapatkan formulir pengisian SPT melalui kantor pajak terdekat. Setelah itu, ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan yakni cara mengisinya. Memang terkesan sederhana namun ketika ada kesalahan Kamu tidak bisa menggunakan formulir tersebut kembali.

Pada lampiran IV, Kamu akan diharuskan untuk mengisi tahun pajak, periode pajak, metode perhitungan pajak, NPWP, nama wajib pajak. Selain itu Kamu juga akan diminta untuk memasukkan nama anggota keluarga, kewajiban hutang dalam setahun terakhir, aset yang dimiliki atau daftar harta.

Dan seperti yang Kamu ketahui bahwa urusan birokrasi seperti pajak memang akan sedikit menguras waktu dan tenaga. sebab diakui atau pun tidak urusan pajak memang sangat saklek, rasanya akan sulit untuk tidak mengikuti step by step-nya. Terlebih lagi Kamu pasti juga punya kegiatan lain, bukan hanya harus membayarkan pajak Kamu.

Ada sekitar 4 lampiran yang harus Kamu penuhi ketika Kamu ingin membuat SPT tahunan pribadi. Dan ingat Kamu akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk membayar pajak tersebut dikarenakan sistem birokrasinya yang berlapis-lapis. Tapi jika dibilang cara tersebut sulit sebenarnya tidak sulit hanya saja akan memakan waktu cukup panjang.

Apakah Ada Cara Mudah?

Sebenarnya cara mudah itu selalu ada, cara dimana Kamu bisa menghemat waktu serta kemungkinan biaya tambahan. Biaya seperti transport, makan, jajan selama Kamu pergi ke kantor pajak mungkin memang takkan tercatat hanya saja itu tka mengurangi nilai yang Kamu keluarkan.

Adakami.com memberikan sesuatu yang tak pernah Kamu pikirkan sebelumnya. Apa itu? Kemudahan! Kamu gak perlu antri berlama-lama serta proses pembuatan SPT akan jauh lebih cepat sebab cara yang digunakan tepat dan sesuai dengan keperluan.  Terlebih lagi pembuatan SPT untuk saat-saat darurat.

Selain membantu Kamu untuk menghemat waktu, Kamu juga akan menghemat tenaga dalam mengerjakan form pembuatan SPT. Kalau mau dilihat, pembuatan sebuah formulir dengan lampiran yang berlembar-lembar pasti akan menguras banyak waktu. Belum lagi jika ditemukan kesalahan pada salah satu lampirannya.

Bisa jadi seseorang akan kehilangan waktunya untuk bekerja hanya karena ingin membayar pajaknya yang sudah wajib itu. Jadi pihak ketiga yang akan membantu Tentu sangat sangat diperlukan pada kondisi ini. terlebih lagi banyak dari orang Indonesia yang masih sangat awam soal pajak dan istilah-istilah di dalamnya.

Mesjid istilah tersebut terlihat sederhana tapi jika di satukan dalam satu kalimat belum tentu, Kamu yang memang punya nilai ujian bahasa Indonesia 9,5 akan memahami kalimat tersebut secara jelas. Sebab berapa kalimat itu terkadang hanya diketahui makna aslinya oleh beberapa orang saja.

Pastinya hal tersebut sudah lazim dikarenakan istilah baku yang mana tidak kita gunakan dalam percakapan sehari-hari pasti akan menyulitkan. Apalagi jika sudah berhadapan dengan urusan pajak yang mana tidak bisa asal-asalan. Bagi Kamu yang masih awam sangat direkomendasikan untuk mencari bantuan pihak ketiga yang mana bisa membantu dalam urusan pajak.

Apakah Berbahaya?

Tentu saja tidak, sebab segala urusan yang dilakukan di dalam adakami.com dilakukan sesuai prosedur dari negara dalam membayarkan pajak. Hanya saja dikarenakan tidak semua orang memahami step-step pembayaran pajak yang benar maka pihak ketiga ini muncul sebagai pembantu.

Sebenarnya tidak hanya pembuatan SPT tahunan pribadi saja yang bisa dilakukan. Namun segala urusan yang sifatnya pembayaran secara birokratis. Seperti yang Kamu sadari saat ini bahwa setiap pembayaran seperti pajak ataupun BPKB ataupun pembuatan SIM memakan waktu lama serta butuh tenaga lebih.

Adakami.com seolah membuat jalan pintas di dalam kesulitan itu. jadi Kamu tak perlu lagi berhadapan dengan hal-hal yang memusingkan seperti mengisi formulir yang ribet hingga persiapan dokumen yang tak sederhana juga. Yang jelas kemudahan itu tidak ditempuh dengan cara-cara yang buruk.

Tetap menggunakan cara yang legal serta resmi adalah suatu hal yang mana menjadi kelebihan dari adakami.com tentunya itu akan sedikit membuat lega para pelanggannya karena untuk urusan pajak tidak ada orang yang mau main belakang karena itu merupakan pelanggaran hukum.