Sejak kecil kita sering mendapat nasihat agar hidup hemat dan rajin menabung. Selanjutnya, kita kemudian didorong untuk membiasakan diri menyimpan uang di bank. Tentu saja tujuannya agar uang tersebut terkumpul, dan bisa jadi bekal di masa depan.

Namun sekarang zaman sudah berbeda. Anak muda jangan hanya bisa menabung, kamu harus mulai berani berinvestasi. Tentu bukan tanpa alasan. Berikut merupakan alasan kenapa anak muda wajib pilih investasi ketimbang menabung.

  1. Cepat Mewujudkan Impian

Sudah tentu kamu punya impian yang ingin dicapai saat memasuki fase dewasa nanti. Untuk mewujudkan itu semua, kamu tidak bisa hanya mengandalkan orang tua. Terlebih buat kamu yang datang dari keluarga sederhana. Mewujudkan impian mutlak jadi tugas kamu sendiri.

Untuk mewujudkan impian tersebut, sudah tentu kamu akan butuh banyak uang. Nah dengan investasi, kesulitan masalah uang tersebut bisa diselesaikan karena investasi menjanjikan lebih banyak keuntungan, sekaligus mempermudah kamu dalam mewujudkan impian di masa depan.

  1. Sumber Keuangan Utama

Dari mana sumber keuangan utamamu? Jika masih dari orang tua, sebaiknya mulailah untuk berinvestasi. Pasalnya, investasi tidak hanya menyimpan dan menjaga uangmu. Lebih dari itu, investasi akan memberikan keuntungan besar yang terus mengalir dalam rekeningmu.

Kita ambil contoh saham. Saat kamu menempatkan sebagian uangmu di pasar saham, maka sebagian pendapatan dari perusahaan tersebut akan mengalir deras ke rekeningmu. Hal yang sama berlaku saat kamu mengambil instrumen investasi lainnya, seperti reksa dana, deposito dan lainnya.

  1. Cepat Mencapai Kebebasan Finansial

Anak muda harus mulai merancang jalan menuju kebebasan finansial. Pasalnya, jika rencana ini baru dirancang saat kamu sudah dewasa bahkan berkeluarga, jelas akan menyulitkan karena penghasilan kamu akan bertabrakan dengan kebutuhan rumah tangga.

Untuk mewujudkan kebebasan finansial sejak dini, anak muda wajib pilih investasi. Kenapa? Dengan berinvestasi kamu akan mendapat penghasilan yang jauh lebih cukup. Dana tersebut bisa digunakan untuk merintis jalan menuju kebebasan finansial.

  1. Lebih Tenang di Masa Tua

Belajarlah dari orang-orang sekitar, atau bahkan keluargamu sendiri. Berapa banyak orang tua yang masih harus bekerja mengais rezeki karena mereka tidak punya bekal yang cukup. Lebih buruk lagi, Banyak orang tua yang malah jadi ‘beban’ bagi keuangan anak-anaknya.

Dengan berinvestasi, kamu akan mendapatkan penghasilan yang terus mengalir hingga tua nanti. Bukan sekedar tabungan untuk diri sendiri, hasil investasi yang kamu tanamkan hari ini, bahkan bisa dinikmati oleh anak cucu nanti. Bagaimana, bukankah ini impian semua orang?

  1. Investasi Itu Mudah dan Murah

Investasi butuh modal besar, dan sulit? Tidak, ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih, dan disesuaikan dengan kondisi finansial, serta kemampuan kamu dalam mengelola risiko. Misalnya dengan uang ratusan ribu saja kamu kini sudah bisa berinvestasi lewat P2P.

Selain itu, ada banyak instrumen investasi yang menjanjikan keamanan, misalnya reksa dana pasar uang, obligasi pemerintah, logam mulia, dan lainnya. Semua investasi tersebut sangat minim resiko dan cocok dipilih oleh anak muda sepertimu.

Dengan segala kemudahan tersebut, jadi jelas dong kenapa anak muda wajib pilih investasiketimbang menyimpan uang di Bank? Selain itu, kesuksesanmu di usia muda akan membuat orang tua bangga.