Masih banyak orang yang menganggur di luar sana, terlebih lagi karena pandemi banyak orang yang di PHK dan kehilangan pekerjaannya, dan mungkin Kamu adalah salah satunya.

Bagi Kamu yang sedang menganggur mungkin pernah berpikiran untuk membangun bisnis UMKM. Ada banyak sekali jenis bisnis UMKM yang potensial dan masih banyak peluangnya.

Meski UMKM adalah bisnis kecil, namun Kamu tidak boleh meremehkan penghasilan dari usaha ini. Bahkan pelaku bisnis UMKM adalah pelaku bisnis yang paling banyak menguasai pasar.

Contoh Bisnis UMKM Potensial

Ada banyak bisnis UMKM yang potensial dan bisa menghasilkan banyak keuntungan. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh bisnis UMKM yang bisa Kamu pertimbangkan untuk memulainya.

1. Usaha Kuliner

Yang pertama adalah usaha kuliner, bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang tidak akan pernah mati dan selalu ada pasarnya. Karena sebagai manusia makanan merupakan kebutuhan kita.

Tanpa makan manusia tidak bisa melangsungkan kehidupan mereka. Kita mungkin bisa menahan hasrat untuk berbelanja sesuatu, namun kita tidak bisa menahan rasa lapar. Meskipun usaha kuliner ini sudah banyak sekali di sekitar kita, namun Kamu masih bisa kok membuka bisnis kuliner dan masih bisa mendapat keuntungan.

Namun perlu Kamu ingat, jika membuka bisnis kuliner pastikan bisnis Kamu memiliki keunikan tersendiri. Jadi orang-orang akan selalu ingat dengan makanan Kamu meski banyak makanan serupa.

2. Usaha Fashion

Contoh bisnis UMKM selanjutnya adalah fashion, fashion juga menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati dan peluangnya masih sangat besar. Hal ini karena hampir setiap orang ingin tampil fashionable.

Karena itulah orang-orang akan rela mengeluarkan banyak uang untuk mempunyai berbagai baju dan fashion yang mereka inginkan. Fashion ini juga memiliki banyak bidang yang bisa Kamu pilih.

Contohnya seperti pakaian pria, pakaian wanita, pakaian anak-anak, celana, jaket, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan pakaian yang sedang tren. Kamu bisa memilih salah satu dari berbagai jenis fashion tersebut, hanya dengan satu jenis saja Kamu bisa sukses dan mendapatkan banyak keuntungan.

3. Usaha Dibidang Otomotif

Nah, bagi Kamu yang memiliki hobi otak atik motor atau mobil bisa membuka bisnis UMKM di bidang otomotif. Bisnis di bidang otomotif ini masih terbuka lebar peluang usahanya.

Dengan berbisnis berdasarkan apa yang Kamu sukai, tentu akan membuat Kamu serius dalam menjalankan  usaha tersebut nantinya. Kamu bisa membuka bengkel untuk mobil dan motor yang juga menyediakan peralatan serta kebutuhan untuk motor dan mobil, seperti oli, dan perlengkapan motor lainnya.

Atau Kamu juga bisa membuka jasa pencucian motor dan mobil, perlengkapan safety  riding seperti jaket, helm, dan sarung tangan yang sudah berstandar SNI. Selain melakukan hobi, Kamu juga bisa mendapat penghasilan dari apa yang Kamu lakukan. Karena itulah bisnis berdasarkan hobi sangatlah mudah dijalankan.

4. Usaha Di Bidang Internet

Dengan teknologi yang serba canggih, membangun usaha dibidang teknologi internet sudah bisa Kamu lakukan. Ada banyak bisnis berbasis internet yang bisa Kamu pilih.

Banyak informasi dan konten yang bisa Kamu dapatkan di internet, baik itu informasi yang menghibur maupun mendidik. Ditambah lagi dengan adanya koneksi internet yang lancar.

Dengan dukungan tersebut memulai bisnis UMKM di bidang internet ini bukanlah hal yang mustahil. Contohnya adalah bisnis e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya.

Kamu bisa berjualan di internet dengan cara dropship tanpa stok barang, Kamu juga bisa membuat blog dan mendapat penghasilan dari Google Adsense.

Atau jika Kamu memiliki kelebihan tertentu Kamu bisa coba memberikan pengaruh di sosial media dengan menjadi influencer. Kamu bisa mendapat penghasilan dari promosi dan endorse.

5. Usaha Kerajinan Tangan

Bisnis UMKM dibidang kerajinan tangan masih sedikit yang menjalankannya, nah ini bisa menjadi peluang bagi Kamu untuk membuka UMKM kerajinan tangan yang unik dan dipasarkan online.

Namun untuk memulai usaha ini Kamu harus memiliki kreatifitas yang tinggi dan juga inovasi. Bahan bisa Kamu dapatkan dengan mudah dan bahkan gratis.

Bahkan pelaku bisnis UMKM kerajinan tangan dari barang bekas sudah bisa bersaing dengan produk kerajinan dari pabrik. Beberapa pengusaha UMKM bahan sudah go internasional.

6. Usaha Elektronik dan Gadget

Contoh bisnis UMKM terakhir adalah usaha di bidang elektronik dan gadget. Kebutuhan akan Gadget semakin tinggi dari tahun ke tahun, ditambah lagi gadget semakin canggih setiap tahun.

Karena itulah pasar gadget di Indonesia tidak akan pernah mati, dan bahkan akan terus berkembang kedepannya. Nah Kamu bisa memanfaatkannya sebagai bisnis Kamu.

Kamu bisa membuka konter HP yang menjual berbagai perangkat elektronik seperti HP, Laptop, Headset, Speaker, Kartu SIM, Pulsa, Paket Internet, dan sebagainya.

Jenis UMKM yang satu ini sangat potensial mengingat banyak anak muda yang tidak bisa lepas dari Smartphone mereka, karena itulah Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis yang satu ini.

Jadi, bidang mana yang akan Kamu coba?