Bisnis kuliner jadi salah satu bisnis paling menggiurkan di Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak pengusaha muda mulai melirik bisnis ini, hingga akhirnya persaingan pun tak bisa dihindarkan. Kamu wajib menyiapkan strategi jitu untuk tetap bertahan dari gempuran para pendatang baru.

Berikut merupakan cara paling efektif promosi bisnis kuliner agar bisnis kamu lebih berkembang, dan selalu selangkah lebih maju ketimbang kompetitor.

  1. Maksimalkan Pelayanan

Sebagai pebisnis yang sangat mengandalkan kepuasan konsumen, hal pertama yang harus diperbaiki adalah pelayanan konsumen. Sehebat apapun menu yang disajikan, semurah apapun harga yang ditawarkan, semua itu tidak berarti jika kamu tidak bisa menjaga kepuasan pelanggan.

Manjakan konsumen dengan pelayanan terbaik. Misal, saat pengunjung membludak dan ada resiko mereka harus menunggu lama, tidak ada salahnya untuk menghampiri mereka dan jelaskan kondisinya. Kamu juga bisa memberikan sedikit welcome drink kepada mereka.

Dengan cara ini, setidaknya rasa kecewa pengunjung karena harus menunggu lama akan sedikit terobati, dan mereka tetap nyaman menunggu hingga pesanannya datang.

  1. Sediakan Booth Foto Keren

Kebanyakan orang saat ini lebih senang membagikan momen nongkrong mereka di media sosial. Maka dari itu, sangat wajar jika sekarang ini promosi bisnis kuliner sangat bergantung kepada tersedianya spot foto menarik yang disediakan bagi pelanggan.

Kamu bisa membuat mural menarik di setiap sudut tempat usaha kamu, kemudian sediakan juga booth foto khusus untuk pelanggan. Selain itu, buat pelanggan betah dengan fasilitas tambahan seperti game board, fasilitas nonton bareng, live musik dan lainnya.

Jangan lupa, cantumkan juga spot foto menarik dan fasilitas tambahan tersebut dalam setiap aktivitas promosi yang kamu lakukan.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Terdengar klise, tapi itulah fakta yang harus kita hadapi saat ini. Saat ini kamu berada di zaman ketika orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya di sosial media dan membagikan semua aktivitasnya di sana. Maka dari itu, gunakan sosial media untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Misalnya, kamu bisa membagikan voucher makan gratis di momen tertentu, atau membuat game interaktif seperti, meminta pengikut di sosial media membagikan program promosi yang kamu buat, kemudian men-tag 10-20 temannya untuk mendapat hadiah menarik, dan lainnya.

Makin banyak orang yang ikut berpartisipasi dalam event ini, otomatis nama tempat usahamu akan lebih sering disebut dan ini akan meningkatkan popularitas bisnismu.

  1. Kerjasama Dengan Influencer

Masih berkaitan dengan sosial media, cobalah untuk menjalin kerjasama dengan influencer yang memiliki pengikut sesuai dengan target pasar bisnismu. Mungkin butuh sedikit biaya, tapi tidak masalah jika mereka mampu mendatangkan lebih banyak pelanggan, dan membantu meningkatkan bisnismu.

Selain itu, kamu pun bisa bekerjasama dengan YouTuber dan minta mereka reviews tempat usahamu. Jika masih ada budget, kamu bisa bekerjasama dengan para blogger untuk ‘memoles’ tempat usahamu dengan tulisan mereka.

Sejauh ini, promosi bisnis kuliner dengan menggandeng influencer, blogger dan YouTuber, dinilai jauh lebih efektif ketimbang berpromosi di media konvensional.

  1. Berikan Pengalaman Yang Berbeda

Tidak hanya soal rasa, menu dan layanan, kamu wajib memberikan pengalaman makan berbeda kepada pelanggan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya dengan memberikan dekorasi yang unik, konsep restoran atau tempat makan yang berbeda dari kompetitor.

Selain itu, kamu pun bisa berinovasi dengan cara penyajian makanan, seperti menggunakan gelas dan piring yang bisa dimakan sebagai bagian dari dukungan kepada gerakan Go Green, menghadirkan nuansa taman di dalam restoran atau cafe, dan konsep unik lainnya.

Jangan lupa, tinjau kembali aktivitas promosi bisnis kuliner dengan melakukan beberapa evaluasi. Ini bisa dimulai dengan peningkatan jumlah pengunjung, dan jumlah transaksi di dalamnya.