Sebenarnya jika sebuah saham itu dibeli setelah analisa panjang, sudah pasti ada perhitungan khusus yang sudah dilakukan oleh pihak pembeli. Nah, ada beberapa tips dan trik yang mana dapat membantu anda dalam urusan membeli saham semacam ini.  Tetapi pastikan dulu ini merupakan saham jangka pendek. 

Komoditas Lazim

Kalau anda berniat membeli saham dengan cepat dan menjualnya kembali,  maka pilihlah komoditas yang lazim untuk dibeli. Pada saat ini, anda sudah mengetahui tentang saham gorengan. Saham gorengan bukan berarti saham yang menjual gorengan, namun sebuah saham yang sengaja di goreng untuk menaikkan harganya. 

Terkadang di sektor ini anda akan temukan saham pendatang baru. Mulai dari manufaktur hingga makanan juga tersedia sebagai komoditas dalam pasar modal, pilih saja komoditas yang sediranya lazim agar anda tak kesulitan untuk menjualnya kembali ketika pergerakan grafik sudah terlalu lemah untuk diharapkan. 

Jika lebih memilih komoditas yang “tak biasa” resikonya besar. Semisal anda pilih untuk membeli saham sparepart pesawat, memang benar itu mungkin komoditas yang bagus tapi anda tak bisa membuktikan serta memverifikasi kualitas produk dan perusahaan secara langsung.

Namun jika pilihan komoditas sepert pangan, anda dapat lakukan cek langsung pada kualitas produknya tanpa perlu menjalani kesulitan yang berarti. Bagi seorang investor hal semacam itu cukup bagus sebab selain melihat peluang, investor juga dapat mengukur resiko kedepan dari perusahaan tersebut. 

Perhatikan Kualitas Aset

Dalam sebulan belakangan, anda harus tahu bahwa aset yang ingin anda beli ini punya potensi yang cukup untuk membuat anda lebih untung. Tentunya hal tersebut membutuhkan yang namanya ketelitian serta manajemen resiko. Sebab seorang investor dalam hal ini sedang meresikokan asetnya dalam sebuah ketidakpastian. 

Jika anda jeli dalam melihat potensi sebuah perusahaan maka bukan mustahil kesuksesan dalam dunia pasar modal akan datang lebih cepat. Hanya saja, jika kejelian tersebut belum dapat dipastikan ketepatannya bisa jadi akan perlu diasah terlebih dahulu. 

Melihat kualitas aset secara jangka pendek memang sulit, apalagi jika itu merupakan komoditas jenis baru. Bisa jadi perlu riset pribadi yang harus dilakukan sebelum melakukan pembelian sebuah saham. Tapi jika hal itu  dilakukan sudah pasti riset tersebut akan memudahkan anda dalam mengambil keputusan. 

Riset akan memberi gambaran besar terhadap saham yang sudah dibeli. Pergerakan harga aset dapat diprediksi selama riset, hal itulah yang membuat orang investor gemar melakukan riset hanya untuk menentukan harga wajar suatu komoditas. Selain menemukan harga beli paling murah melalui riset, investor juga akan menemukan momentum. Paling tepat untuk menjual asetnya. 

Jangan Biarkan Nafsu yang Bekerja! 

Ketika melihat harga murah mata dan hati manusia itu selalu berpacu, terlebih lagi urusan saham. Kalau tidak mau rugi ada baiknya anda melihat pergerakan grafik dari komoditas tersebut. Jangan hanya melulu soal keuntungan sebab pasar modal tidak hanya urusan harga murah saja tapi juga ada strategi khusus yang harus dipakai. 

Jika hanya menuruti nafsu, setiap kali melihat harga murah anda akan tergoda. Hal ini berbahaya karena anda tidak dapat melihat secara subjektif kualitas dari saham tersebut. Jangan sampai nafsu anda menguasai segala jenis transaksi yang terjadi di pasar modal. Itu akan menjadi titik kehancuran anda dalam dunia saham. 

Selalu utamakan riset serta analisa yang lengkap pada setiap eksekusi yang terjadi di pasar saham. Jangan sampai anda merasa menyesal ketika sudah terlambat! Akan jauh lebih baik apabila anda menyadari bahwa resiko yang ada dalam pasar modal tidaklah berbeda dari bisnis pada umumnya, hanya saja dapat dinilai lebih aman. 

Pilih Sekuritas yang Tepat 

Nah ini merupakan faktor besar dalam urusan trading, sebab sebuah sekuritas akan punya anak besar dalam poros trading anda. Selalu pilih sekuritas yang sudah terdaftar di ojk.  Ada banyak sekali orang yang tertipu oleh iming iming rate dollar yang besar padahal hanya sebatas tipuan. Sudah banyak yang menjadi korban sekuritas abal-abal, niat mau untung malah jadi buntung. 

Sebagai pihak irama tempat membeli Saham dengan skala kecil, sudah barang tentu anda harus menjamin keamanannya pertama tentu dengan memastikan bahwa sekuritas tersebut terdaftar di OJK (otoritas jasa keuangan), dengan label itu kemungkinan besar anda sudah dapat sedikit bernafas lega sebab ada lembaga resmi yang akan melindungi dalam urusan investasi. 

Hal kedua pastikan sekuritas anda, memiliki sistem yang sehat karena memang tidak semua pihak dapat memberikan jaminan pada investasi anda maka dari itu jika tak mau kecewa rasanya wajib untuk ngelakuin survey terlebih dahulu terhadap pihak sekuritas yang anda pilih. 

Memilih mitra sebagai sekuritas pilihan memang tak mudah tapi anda dapat memilihnya secara perlahan tapi pasti. Sebab jual beli saham, dengan jumlah yang kecil hanya dapur dijadikan sampingan anda tetap harus memiliki pekerjaan lain sebagai sumber penghasilan utama.