Investasi dalam pasar modal punya efek yang sangat bagus bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Hal tersebut sudah disadari oleh banyak orang dan kini investasi saham sudah menjadi hal yang wajar. Tapi jika anda tertarik investasi saham di pasar modal, perhatikan beberapa hal yang bisa menjadi pedoman anda dalam berbisnis.

Pemilihan Saham

Sebagai satu hal yang sangat penting yakni pemilihan saham dari perusahaan yang anda pilih. Sebuah perusahaan pasti akan memberikan dampak yang besar pada sahamnya sendiri apalagi terkait dengan perkembangannya. Jika anda tidak pandai dalam memilih perusahaan, bisa setting apa yang tengah direncanakan itu tidak sesuai dengan realitanya.

Terlebih lagi saat ini sudah banyak saham-saham gorengan yang mana hanya naik nilainya ketika awal mereka masuk ke dalam pasar saham. Kredibel atau tidaknya perusahaan sangat mempengaruhi waktu anda dalam investasi tersebut, intinya jangan sampai Anda tergoda dengan adanya saham murah. 

Saham dengan nilai yang terus naik secara signifikan tanpa mengalami penurunan sedikitpun juga merupakan sesuatu hal yang aneh. Sebab segala jenis saham besar yang ada di dunia ini mengalami naik turun dalam waktu yang cukup panjang untuk bisa konsisten dalam satu level namun, jika harga tiba-tiba naik itu sama sekali tak wajar kalau bisa hindari saham-saham semacam ini karena sangat beresiko 

Jangka Waktu

Dalam melakukan investasi tentu anda harus memperhatikan jangka waktu yang anda pilih. Jangka waktu itu bukan hal yang sembarangan karena itu bisa menjadi penentu dalam bisnis ini anda rugi atau untung. Jangka waktu ini juga dapat diatur melalui margin call hingga take profit, dalam pengaturan trading aplikasi tersebut.

Apabila Anda membeli saham perusahaan besar dengan harga yang cukup tinggi maka kemungkinan saham ini merupakan saham yang pergerakannya lambat. Saham jangka panjang semacam itu memang sangat bagus untuk dijadikan investasi tapi ada juga beberapa saham jangka pendek yang dapat anda beli sebagai pemasukan harian dari pasar saham. 

Tentunya pilihan itu semuanya milik anda, yang ingin  dipilih merupakan perusahaan jangka panjang atau jangka pendek? Psychology bisnis dari kedua hal ini sangat memiliki peran yang berbeda, sebab seorang investor sejati pasti akan melihat jauh kedepan dan mengukur dengan benar-benar proporsional. 

Melihat waktu sebagai salah satu faktor merupakan hal yang wajib bagi seorang trader saham, tak boleh rasanya seorang trader tidak menghormati pergerakan waktu sebagai salah satu sarana utama untuk melihat efektifitas langkah trading sampai efektivitas komoditas. 

Dalam urusan manajemen waktu, anda juga perlu mengetahui kapan saatnya jual dan kapan saatnya bertahan. Menghindari kerugian berlebih juga sebuah investasi yang sangat baik secara ekonomi jangka panjang. Jual/hold aset sangat berkaitan dengan pengembangan nilai saham dari komoditas tersebut. 

Padahal pengembangan nilai sendiri juga punya skala waktu tersendiri untuk ditetapkan bahwasannya aset tersebut layak atau tidak untuk dipertahankan. Dalam saham, ada saham jangka panjang serta pendek. Kedua saham tersebut fungsinya berbeda, saham jangka pendek berarti jual aset kalau harga sedang tinggi sedangkan jangka panjang tetap simpan aset sebagai investasi. 

Perkembangan Nilai Saham

Apakah sebuah investasi yang tak berkembang itu baik? Sebuah investasi sudah seharusnya memiliki perkembangan nilai sahamnya, jika tidak itu sama saja dengan mempertahankan “toxic relationship” akan jauh lebih baik jika hubungan tersebut disudahi kemudian memulai yang baru.

Perkembangan nilai semacam ini perlu diperhatikan berdasarkan komoditas serta tren kenaikan barang. Tren tidak hanya dilihat dari fashion serta mode, namun tren penggunaan komoditas sebagai bahan dasar jauh lebih punya pengaruh terhadap saham. Saham sendiri tak dapat disamakan dengan pergerakan mata uang sebab secara teori pergerakan yang terjadi akan sedikit lebih lambat.

Sebuah komoditas yang berkembang akan terlihat setelah beberapa bulan. Dalam masa ini trader akan mulai mengukur kemungkinan dalam suatu komoditas apabila perkembangan nilai komoditas tersebut tidak sesuai harapan maka kemungkinan besar aset tersebut dilepaskan, tapi jika sesuai bisa jadi aset akan dipertahankan atau bahkan ditambah.

Maka dari itu, penilaian selama jangka waktu tertentu untuk melihat perkembangan nilai aset merupakan hal yang sangat penting. Kemungkinan besar dari sinilah seseorang memperoleh profit. Selain dapat mengukur sejauh mana Anda akan untung, cara ini juga merupakan sebuah cara yang dapat  digunakan guna menjaga diri dari kerugian berkepanjangan.

Tentunya setelah mengetahui beberapa faktor diatas, anda akan lebih cermat dalam memilih jenis saham yang tepat. Pasar modal memang tempat yang tepat untuk menabung, namun jangan bermimpi untuk untung apabila anda datang tanpa apa-apa! Modal uang saja tak cukup! Harus dibarengi mental dan kesungguhan yang nyata untuk dapat sukses di pasar modal.