Sedari kecil banyak dari orang tua dan para guru sudah mengajarkan anak-anaknya mengajarinya menyisihkan uang untuk ditabung. Banyak orang menyarankan agar menyimpan uangnya di bank. Namun kini bukanlah zamannya lagi. Hal ini dikarenakan bunga yang terdapat pada bank hanya berkisar 1% per tahun. 

Itu artinya meskipun Anda menyisihkan uang sebanyak 2 juta setiap bulannya selama 10 bulan yang secara fisik mampu terkumpul 20 juta namun nilainya tak lagi sama seperti sebelumnya. Hal ini disebabkan karena adanya inflasi. Harga barang dan jasa pun akan turut mengalami kenaikan. Oleh karena itu, orang-orang kini mulai beralih ke investasi.

Investasi sendiri mampu menghasilkan uang hingga 15%. Selain itu saham juga mempunyai tujuan keuangan dalam jangka Panjang. Selain itu, investasi saham juga salah satu cara untuk melindungi diri dari inflasi. Tahukah bahwa Kamu juga bisa mempunyai saham bank. Penasaran dengan ulasan ini? Yukk simak terus cara investasi saham di bank BCA dan BRI sampai tuntas.

Pengertian Saham

Saham sendiri merupakan suatu kepemilikan suatu perusahaan. Artinya semisal Kamu membeli saham maka secara otomatis juga memiliki sebagian dari perusahaan tersebut tergantung dari persentase kepemilikan. Jika perusahaan bertumbuh, maka secara otomatis nilai saham juga akan naik. Sebaliknya jika perusahaan mengalami penurunan maka nilai saham juga turun nilainya.

Namun dibalik itu semua, terdapat beberapa keuntungan dari saham berasal dari capital gain. Capital gain itu sendiri merupakan selisih antara harga saham saat membeli dan menjual. Keuntungan ini bergantung pada pergerakan pasar. Contoh perusahaan sekuritas yang resmi serta illegal ialah BCA dan Mandiri. Setelah ini Kamu akan membaca cara investasi saham di bank BCA dan BRI.

Panduan Cara Membeli Saham di Bank BCA

Kamu bisa sekali membeli saham. Pembelian saham BCA bisa melalui aplikasi bibit ataupun ajaib yang bisa diunduh melalui playstore maupun Appstore. Berikut cara membeli saham BBCA melalui aplikasi Ajaib yang harus Kamu ketahui, diantaranya:

  1. Membuka Akun Saham

Jika Kamu belum memiliki akun saham, hal yang pertama yang harus dilakukan ialah membuka akun saham. Kamu tidak harus datang langsung ke kantor sekuritas pada umumnya. Kamu cukup gunakan aplikasi ajaib sebagai media untuk membeli saham BBCA.

  1. Membeli Saham yang Berkode BBCA

Jika Kamu ingin membeli saham BCA, hal yang harus diperhatikan ialah membuka aplikasi trading saham ajaib. Kemudian ketikan kode saham BBCA pada kolom tab pencarian. Setelah itu pilih klik tombol beli.

  1. Tentukan Jumlah Harga Saham dan Lot

Langkah berikutnya untuk memiliki saham ialah dengan menentukan jumlah saham dan jumlah lot saham. Kemudian klik beli dan Kamu sudah bisa memiliki saham dari BCA. Di dunia saham khususnya BCA, Kamu bisa langsung memiliki saham dengan cara memilih di harga penawaran. 

Namun jika Kamu ingin membeli saham pada harga yang rendah Kamu harus mengantri pada harga “Bid” dan menunggu antrean dengan harga yang diinginkan.

Panduan Cara Membeli Saham di Bank BRI

Selain bisa Kamu membeli saham di bank BCA, Kamu bisa membeli saham di bank BRI. Kamu bisa mendapatkan saham BRI dengan dua cara, bisa melalui sekuritas ataupun bisa melalui online. Jika Kamu ingin membeli saham secara online bisa menggunakan aplikasi ajaib ataupun bibit. Kamu bisa mendapatkan aplikasinya dengan mengunduh di Playstore maupunn Appstore.

Berikut langkah-langkah membeli saham BRI dengan menggunakan aplikasi Ajaib yang harus Kamu ketahui, diantaranya:

  1. Membuat Akun Saham Sesuai Dengan Panduan Pada Aplikasi

Langkah pertama untuk melakukan pembelian saham ialah dengan membuat akun saham yang sesuai dengan panduan pada aplikasi jika Kamu belum mempunyai akun saham. Kamu cukup mempunyai akun saham tanpa harus ke perusahaan sekuritas.

  1. Transfer Jumlah Deposit ke Rekening Dana Nasabah atau RDN Khusus

Di aplikasi ajaib memanglah untuk transfer jumlah deposit tidak ada minimal nominalnya. Namun jika Kamu ingin membeli saham alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dahulu harga saham per lembarnya kemudian sesuaikan dengan dana deposit untuk membelinya. 

  1. Memilih Saham yang Ingin Dibeli

Selanjutnya langkah berikutnya ialah dengan memilih saham yang terdapat di daftar saham. Akan lebih mudah jika Kamu mengetahui kode saham perusahaan. Jika Kamu menginginkan perusahaan BRI, maka ketikan kode BBRI pada tab pencarian. Tunggu beberapa saat akan muncul semua informasi mengenai saham dari bank BRI.

  1. Beli Saham

Jika Kamu sudah mantap dengan informasi yang sudah disajikan maka klik beli dan tidak lupa tentukan jumlah saham dan jumlah lot yang ingin Kamu beli. 

Seperti yang sudah Kamu ketahui, bahwasanya menabung saja saat ini sudah tidak cukup. Banyak orang disana mencoba untuk membeli saham di berbagai perusahaan besar. Kamu juga bisa memiliki saham seperti di bank BCA dan bank BRI. Semoga ulasan tentang cara investasi saham di Bank BCA dan BRI bisa berguna untuk Kamu yang ingin memulai investasi melalui saham.