Demi mengembangkan bisnis, banyak orang yang memutuskan untuk meminjam modal tambahan dari bank. Namun sayang, karena disiplin keuangan yang buruk, uang yang seharusnya dipakai usaha malah ‘menguap’ begitu saja dipakai untuk hal-hal yang tidak produktif.

Tentu ini bukan hal yang kamu inginkan bukan? Nah untuk mencegah hal tersebut, berikut merupakan beberapa trik mengelola uang pinjaman agar efektif dan tepat sasaran sesuai dengan tujuan utama demi mengembangkan bisnis. 

  1. Rencanakan Dengan Matang

Apapun tujuan keuangannya, pastikan untuk menyusun rencana dengan matang, termasuk dalam mengelola uang pinjaman. Ini penting, dengan perencanaan yang matang, kamu akan lebih mudah memetakan dana belanja sehingga penggunaan uang pinjaman tersebut bisa tepat sasaran.

Tapi ingat, jangan merencanakan keuangan saat uang sudah ditangan. Perencanaan keuangan ini harus diatur sebelum kamu mengajukan pinjaman. Dengan cara ini, kamu pun akan tahu jumlah efektif uang yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis tersebut. 

  1. Konsisten Dengan Rencana Keuangan

Banyak orang yang mampu merencanakan keuangan, namun hanya sedikit yang mampu konsisten dengan rencana tersebut. Kebanyakan justru malah ‘belok’ dengan hal yang tidak direncanakan sebelumnya, hingga akhirnya uang pinjaman tersebut menguap begitu saja.

Kunci sukses mengelola uang pinjaman sebenarnya mudah, kamu harus memastikan punya tujuan keuangan yang jelas, susun anggaran belanja dan atur strategi untuk memaksimalkan dana tersebut. Setelah uangnya diterima, pastikan tetap konsisten dengan rencana tersebut.

  1. Pinjam Sesuai Kebutuhan

Meski demi mengembangkan usaha, meminjam uang sebenarnya tidak disarankan. Pasalnya, seharusnya kamu bisa mengembangkan usaha dengan menggunakan pendapatan perusahaan, dan meningkatkan pengelolaan keuangan perusahaan dengan baik.

Namun sayang, banyak diantara kita yang justru lebih memilih mengambil jalan pintas dengan mengambil pinjaman usaha. Selama bisa bertanggung jawab dengan keputusanmu, meminjam uang sah-sah saja dilakukan, tapi pastikan untuk meminjam dana sesuai dengan kebutuhan

  1. Langsung Belanjakan

Agar uang tersebut bisa langsung ‘berputar’, sebaiknya jangan disimpan terus di dalam rekening, cepat belanjakan kepada barang-barang yang kamu butuhkan, misal membeli bahan baku untuk memulai bisnis, membiayai kegiatan promosi, atau membeli gerobak baru untuk membuka cabang usaha. 

Singkat kata, kunci sukses mengelola uang pinjaman adalah, item belanja pertama harus bersifat produktif. Jika terdapat sisa, belanjakan kepada instrumen investasi seperti emas, reksadana atau deposito kan. Dengan cara ini uang tersebut akan tetap berputar dan memberi keuntungan ganda.

  1. Tidak Terlambat Membayar Cicilan

Pastikan untuk tidak menunda-nunda membayar cicilan. Setelah uang terkumpul, segera bayarkan agak kamu lebih tenang, dan fokus kepada perencanaan keuangan lainnya. Jika memungkinkan, segera bayar lunas semua hutang agar tidak ada beban keuangan yang harus kamu tanggung.

Dengan cara ini, kamu akan terbiasa selalu membayar cicilan tepat waktu. Selain itu, pihak bank pun akan memberi nilai kredit yang baik karena kamu dinilai mampu mengelola uang pinjaman dengan baik, dan akan memberi kemudahan kredit saat mengajukan pinjaman kembali.

Adakami sebagai sebuah platform aplikasi pinjaman uang online terpercaya hadir dengan berbagai kemudahan bagi kamu yang pada saat ini merencanakan membuka usaha namun belum memiliki modal. Melalui Adakami, maka impian kamu untuk membuka usaha bisa terealisasi dengan mudah. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi Adakami di Google Playstore atau App Store dan registrasi. Hanya butuh hitungan menit untuk proses persetujuan.