Minat investasi di kalangan milenial terus tumbuh. Namun faktanya, banyak dari mereka yang justru langsung kapok setelah mengecap beberapa kegagalan dalam dunia investasi. Bukan kurang modal atau ilmu, tapi umumnya mereka kalah dalam hal pengalaman berinvestasi.

Nah biar kamu nggak kapok, sekaligus demi mencari pengalaman berinvestasi, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencari instrumen investasi yang aman dan cocok buat generasi milenial. Berikut merupakan beberapa instrumen investasi paling amandan cocok ‘diambil’ para milenial.

  1. Deposito

Deposito merupakan instrumen investasi jangka pendek dengan keuntungan yang cukup tinggi, mencapai 5-8 persen per tahun. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menabung di bank, tapi tidak boleh mengambilnya dalam jangka waktu tertentu, misalnya 3 bulan, 6 bulan, dan seterusnya. 

Untuk memulai investasi ini, kamu hanya perlu mendatangi pihak bank, dan menyetorkan sejumlah uang yang akan didepositokan. Makin banyak uang yang disetorkan, keuntungan yang bisa dapatkan pun akan semakin tinggi. Kelebihan lainnya, deposito sangat aman.

  1. Logam Mulia

Jika kamu punya banyak tabungan dalam bentuk uang, dan bingung mau digunakan untuk apa, sebaiknya segera dibelanjakan untuk membeli emas. Logam mulia merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa kamu gunakan untuk menyelamatkan nilai uang dari gerusan inflasi. 

Selain itu, emas pun termasuk dalam instrumen investasi paling aman, dan mudah didapat. Namun untuk mendapat untung dari emas, kamu sulit menikmatinya dalam hitungan bulan. Emas baru akan terasa menguntungkan saat kamu menyimpannya, minimalnya selama 5 tahun kedepan.

  1. Saving Bonds Ritel (SBR)

Pernah mendengar istilah Saving Bonds Ritel? Ini merupakan instrumen investasi berupa surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau negara. Dengan kata lain, saat kamu mengambil SBR sebagai pilihan investasi, secara tidak langsung kamu sudah pemberi pinjaman dana kepada pemerintah.

SBR sendiri masuk dalam instrumen investasi paling aman, dan sangat direkomendasikan buat kamu yang mencari untung dalam waktu singkat. Umumnya, negara akan memberikan keuntungan sebesar 6.3 persen per tahun, dengan modal investasi awal hanya sekitar ratusan ribu saja. 

  1. Reksa Dana Pasar Uang

Investor pemula pasti sudah tidak asing lagi dengan Reksa Dana. Nah salah satu jenis reksa dana yang wajib kamu miliki adalah reksa dana pasar uang. Selain masuk dalam kategori instrumen investasi paling aman, berinvestasi dalam reksa dana pasar uang bisa dimulai dengan modal ratusan ribu saja. 

Menariknya, kamu nggak memaksakan diri belajar cara ‘memainkan’ investasi ini, karena semuanya sudah dikelola oleh manajer investasi. Untuk pemula, kamu bisa memilih instrumen berjangka pendek seperti Surat Bank Indonesia (SBI) atau obligasi. 

  1. P2P Lending

Peer to peer lending atau yang biasa disingkat menjadi P2P Lending merupakan instrumen investasi baru yang belakangan ini banyak dilirik anak muda. Selain karena memberi keuntungan cepat, para pengelola P2P Lending pun terus melakukan terobosan agar produknya terlihat lebih menarik. 

Selain itu, P2P Lending termasuk dalam instrumen investasi paling aman, dengan tingkat resiko moderat. Kunci utama keamanan instrumen investasi ini terletak dari pemilihan pengelolanya. Kamu bisa mencari perusahaan P2P Lending yang terpercaya. Salah satu perusahaan pinjaman online Adakami yang bisa kamu pilih. Adakami yang telah secara resmi terdaftar dan diawasi di lembaga Otoritas Jasa Keuangan.