Saat kita berusaha untuk mengisi rekening tabungan dengan dana seadanya, beberapa dari kita justru cukup beruntung karena ditakdirkan punya uang dalam jumlah fantastis. Namun bukan berarti masalah selesai begitu saja, sama seperti kita, mereka pun punya masalah sendiri yang tidak kita ketahui.

Yang sederhana, mereka cukup kesulitan saat harusmenyimpan uang milyaran tersebut. Disimpan di rumah, jelas resikonya sangat besar. Mulai dari kebakaran, pencurian, uang rusak dimakan rayap yang kerap jadi ancaman nyata. Kalau begini, uang tersebut justru malah jadi beban kan?

Disimpan di bank mungkin sedikit lebih aman. Namun tidak 100 persen aman. Selain kesalahan administrasi, uang kamu pun terancam mengalami penurunan nilai karena inflasi. Lantas bagaimana cara aman menyimpan uang dalam jumlah besar?

Menanggapi hal ini, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group, Andy Nugroho, menyarankan agar kamu memilih menyimpan uang di bank. Namun karena jumlahnya yang sangat fantastis, kamu sebaiknya tidak memilih sebagai nasabah biasa, melainkan daftar sebagai nasabah prioritas.

Sesuai dengan namanya, sebagai nasabah prioritas tentu kamu akan mendapatkan sejumlah keutamaan, diantaranya:

  1. Kamu akan mendapatkan promo suku bunga dan layanan khusus, misalnya mendapatkan pelayanan di ruangan khusus, dan lainnya
  2. Kamu berhak mendapatkan golf clinic dan informasi terupdate tentang produk bank, termasuk penawaran menarik yang hanya diberikan kepada nasabah khusus.
  3. Kamu berhak mendapatkan jasa bimbingan perencanaan keuangan dan safe deposit box untuk memastikan keamanan uang yang kamu simpan.
  4. Kamu akan mendapatkan layanan bepergian eksklusif, serta berhasil untuk mendapatkan potongan harga di berbagai tempat yang telah menjalin kerjasama dengan pihak bank tersebut
  5. Kamu akan diperlakukan khusus, termasuk berhak untuk mendapatkan hadiah ulang tahun hingga undangan eksklusif untuk event-event tertentu.

Untuk jadi nasabah prioritas agar bisa menyimpan uang milyaransebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuktikan tidak sedang berada dalam daftar blacklist dari pihak bank manapun, dan punya simpanan setidaknya 500 juta sampai 1 Miliar.

Selain itu, ada juga aturan lain sesuai dengan kebijakan pihak bank yang akan memberikan fasilitas tersebut. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa menghubungi pihak bank terkait.

Disimpan Dalam Deposito

Layanan deposito seharusnya berhak kamu dapatkan begitu mendaftar sebagai nasabah prioritas. Namun jika pihak bank yang kamu tuju tidak memberikan layanan tersebut, otomatis untuk menyimpan uang milyaran tersebut kamu harus mengambil deposito secara mandiri.

Deposito sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai salah satu bentuk tabungan. Bedanya, untuk deposito kamu hanya bisa mengambil uang tersebut dalam jangka waktu tertentu, sesuai dengan produk deposito yang kamu pilih.

Selain menjanjikan keamanan, uang yang kamu depositokan pun berpeluang bertambah banyak yang berasal dari bunga deposito yang cukup tinggi ketimbang tabungan reguler. Selain untuk mengamankan uang, banyak orang menggunakan deposito sebagai cadangan dana pendidikan.

Menariknya, kamu pun berpeluang mendapatkan keuntungan tambahan dengan menginvestasikan kembali dana yang didapat dari bunga deposito tersebut lewat sistem Automatic Roll Over.

Namun dibalik keunggulannya, deposito pun memiliki beberapa kekurangan, diantaranya kamu akan dikenakan pajak penghasilan, penalti jika mencairkan uang yang didepositokan sebelum jatuh tempo, dan berbagai biaya tambahan lain. Tapi tenang saja, keuntungannya masih cukup besar kok.

Jadi bagaimana menurut kamu? Untuk menyimpan uang milyaran, lebih baik memilih jadi nasabah prioritas atau menyimpannya dalam deposito?