Pandemi Covid-19 telah membuat perekonomian global ambruk. Kondisi ini membuat pasokan barang kebutuhan tersendat, dan harga sejumlah kebutuhan pokok pun melambung. Tidak hanya itu, lapangan pekerjaan pun makin sulit didapat, bahkan ancaman PHK bisa datang kapan saja.

Di masa sulit seperti ini, kemampuan mengelola keuangan pribadi merupakan skill yang sangat penting dimiliki. Jika tidak, kamu bukan saja akan sulit dalam merencanakan keuangan masa depan, tapi juga akan sukar dalam memenuhi kebutuhan dasar harian.

Nah buat kamu yang sedang mengalami masalah ekonomi, berikut merupakan trik mengelola keuangan pribadi di masa sulit, agar kamu tenang dan bisa hidup lebih layak di masa depan.

  1. Kencangkan Ikat Pinggang

Istilah ini sangat relevan buat kamu yang ingin tetap bertahan dan hidup layak di tengah masa-masa sulit seperti sekarang ini. Prinsip utamanya, hapus semua pengeluaran yang tidak penting, dan fokus kepada kebutuhan yang sifatnya mendesak dan tidak bisa digantikan.

Ada beberapa pengeluaran bulanan yang mungkin disadari cukup menguras anggaran keuangan kamu, contohnya beli air mineral, nongkrong di cafe, ngopi-ngopi bersama teman dan lainnya. Terlihat kecil, tapi jika rutin dilakukan, nominalnya cukup besar lho!

  1. Akali Pengeluaran Wajib

Pengeluaran wajib diakali? Tentu saja, dalam mengelola keuangan pribadi, kamu harus melakukan penghematan besar-besaran. Prinsipnya, selama bisa dipangkas, maka pangkaslah semuanya, termasuk dalam urusan pengeluaran wajib, seperti biaya makan, listrik, transportasi dan lainnya.

Contoh untuk biaya makan. Jika kamu terbiasa makan siang di luar, kamu bisa mengakalinya dengan membawa bekal makanan dari rumah. Sementara untuk biaya transportasi, kamu bisa menghemat BBM dengan tidak terlalu sering keluar rumah dengan menggunakan kendaraan bermotor.

  1. Lepas Aset Yang Jadi Beban

Selain akan mendatangkan tambahan uang, melepas aset yang jadi beban keuangan akan membuat anggaran bulanan kamu semakin ‘ramping’. Coba evaluasi kembali isi rumah kamu, apakah kamu punya lebih dari satu unit televisi, lemari es yang hanya berisi ‘angin’, dan lainnya.

Kumpulkan semuanya, dan buatlah garage sale. Agar tidak melanggar hukum karena mengundang kerumunan, kamu bisa melakukannya secara online. Maksimalkan semua yang ada di sekitarmu, mulai dari grup WA, facebook, instagram dan situs sosial media lainnya.

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Sebisa mungkin, carilah penghasilan tambahan demi menyelamatkan keuangan pribadimu. Tapi ingat, pastikan pekerjaan sampingan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama kamu. Misalnya, kamu bisa menjalankan bisnis online, menjadi driver ojek online dan lainnya.

Trik lainnya, cobalah jalan-jalan di daerah kamu, dan lihat potensi yang berada di sekitar. Jika kamu menemukannya, jangan ragu untuk menggarap potensi tersebut sebagai sumber penghasilan baru. Dengan penghasilan tambahan, kamu akan lebih mudah dalam mengelola keuangan pribadi. 

  1. Cari Pinjaman Dana

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa kamu lakukan, dan merupakan langkah darurat jika semua hal sudah dilakukan. Tapi bukan asal pinjaman, kamu harus mencari kreditur yang memberikan mampu memberi keringanan dalam pembayaran, dan bunga yang tidak mencekik.

Setelah mendapat pinjaman, pastikan kamu menggunakan dana tersebut secara bijak. Pastikan hanya digunakan untuk kebutuhan mendesak. Seperti dijelaskan diatas, bijak dalam mengelola keuangan pribadi merupakan kunci utama bertahan di masa sulit seperti sekarang ini.