Meminjam uang sangat tidak disarankan. Tapi dalam kondisi mendesak, meminta ‘dana talang’ bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah keuangan yang sedang datang menghimpit. Dengan catatan, kamu harus berkomitmen untuk segera melunasinya.

Lantas, dimanakah tempat terbaik untuk mencari pinjaman dana? Berikut merupakan beberapa tempat yang sangat disarankan untuk kamu datangi saat sedang membutuhkan pinjaman dana. Tapi ingat, hanya digunakan dalam kondisi darurat saja!

  1. Sanak Saudara

Tempat pertama yang bisa kamu tuju saat kesulitan mengumpulkan dana darurat adalah sanak saudara. Kamu bisa meminta pinjaman dana kepada saudara, paman, atau kerabat dekat. Jika terpaksa, kamu pun bisa meminta pinjaman dana kepada orang tua.

Ada sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat meminjam dana kepada sanak saudara, salah satunya proses yang lebih cepat dan (umumnya) tanpa bunga. Selain itu, kamu pun bisa mudah meminta kelonggaran pembayaran jika tidak bisa melunasinya tepat waktu.

  1. Teman atau Rekan Kerja

Selanjutnya, kamu bisa meminta pinjaman dana kepada teman atau rekan kerja. Sama seperti meminjam dana kepada keluarga, proses peminjaman dana cukup cepat, tanpa harus melewati prosedur berbelit, seperti fotokopi KTP, KK dan syarat-syarat lainnya.

Tapi ingat, pilih teman atau rekan kerja yang sudah kenal dekat. Selain itu, jangan meminjam uang kepada teman yang sudah lama tidak kamu hubungi, atau malah punya hubungan yang kurang baik. Kan nggak lucu, lama tidak berkirim salam. Giliran menyapa malah meminta dana talang.

  1. Gunakan Fitur Pay Later

Saat ini sejumlah perusahaan, seperti GoJek, Shopee, OVO, Traveloka, dan lainnya, sudah melengkapi diri dengan fitur Pay Later. Fitur ini secara khusus disediakan saat kamu membutuhkan sebuah produk atau jasa mereka, namun belum punya uang untuk membayarnya.

Pinjaman dana yang mereka tawarkan cukup besar lho, bisa mencapai 10 juta dengan tenor pinjaman selama 3  bulan. Tapi sayang, umumnya mereka tidak memberikan uang cash, jadi tidak bisa digunakan sebagai solusi saat kamu membutuhkan uang cash secara langsung.

  1. Meminjam di Bank

Jika butuh dana sedikit lebih besar, kamu bisa mengajukan pinjaman dana ke Bank. Namun untuk mengajukan pinjaman, ada sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi, mulai dari melengkapi identitas diri, hingga mengikuti proses wawancara dan lainnya.

Memang terlihat ribet dan butuh waktu yang cukup lama, selain itu meminjam dana di bank (umumnya) mengharuskan kamu untuk menyediakan jaminan berupa surat-surat berharga (kecuali untuk KTA). Namun kekurangan tersebut bisa ditutup dengan bunga yang masih masuk akal.

  1. Pegadaian

Jika dibanding dengan Bank, proses meminjam uang di pegadaian umumnya sangat cepat. Namun ingat, saat mengajukan pinjaman dana, kamu wajib membawa barang-barang berharga ke kantor pegadaian terdekat sebagai jaminan, bisa juga surat-surat berharga, dan lainnya.

Nantinya pihak pegadaian akan menaksir nominal pinjaman yang berhak kamu dapatkan, setelah itu proses berlanjut ke pencairan. Umumnya, pegadaian konvensional menawarkan bunga sekitar 0,75% – 1,15% dengan tenor pinjaman hingga 4 bulan.

Ingat, kamu boleh meminjam dana saat sedang dalam kondisi terdesak. Selain itu, pinjaman dana yang kamu ajukan harus sesuai dengan kemampuan bayar yang kamu miliki.