Selama pandemi, beberapa perusahaan mengambil kebijakan work from home atau kerja dari rumah. Konsekuensi dari kebijakan tersebut, kamu mungkin tidak akan mendapat gaji penuh karena beberapa tunjangan yang tidak dibayarkan, seperti uang transport, jatah lembur dan uang makan.

Imbasnya, pendapatan kamu pun menurun, sehingga dibutuhkan langkah khusus untuk menutupnya. Berikut merupakan beberapa trik menghasilkan uang tambahan selama WFH.

  1. Evaluasi Waktu Yang Tersedia

Tidak seperti kerja di kantor yang terikat jam kerja, bekerja di rumah waktunya lebih fleksibel. Selama kamu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, pihak kantor tidak akan mempermasalahkan tentang jam kerja, atau aktivitas apa yang kamu lakukan selama di rumah.

Nah untuk mendapatkan uang tambahan selama WFH, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, mengevaluasi sebanyak apa waktu sisa yang kamu miliki setelah menyelesaikan tugas kantor. Catat ini selama satu minggu agar kamu mengetahui batas maksimal dari kemampuanmu.

  1. Efektifkan Setiap Waktu

Tentu ada banyak waktu tersisa yang kamu miliki selama bekerja di rumah. Manfaatkan setiap waktu tersebut untuk menjalankan bisnis sampingan, tentu saja bisnis sampingan ini jangan sampai mengganggu waktu  pekerjaan utama.

Agar setiap waktu bisa bermanfaat, hindari ‘nongkrong’ di sosial media atau bermain game yang tidak penting. Jargon di rumah hanya ‘rebahan’ saja pun harus kamu hilangkan. Ingat, waktu terlalu berharga jika hanya dihabiskan untuk bermalas-malasan atau malah curhat di media sosial.

  1. Data Potensi Yang Bisa ‘Diuangkan’

Catat apa saja potensi yang kamu miliki, dan bisa dijadikan sebagai sumber uang. Misalnya, jika kamu pintar membuat camilan kekinian, kamu bisa menggunakan keahlian tersebut untuk memproduksi camilan kemasan, kemudian memasarkannya secara online.

Jika kamu merasa tidak punya potensi yang bisa ‘diuangkan’, kamu bisa menjalankan berjualan secara online. Ada banyak peluang yang bisa kamu ambil, misalnya dengan menjadi reseller atau dropship, atau membantu memasarkan produk milik rekan, kerabat atau tetangga dekat.

  1. Fokus di Pemasaran Online

Terlepas dari apapun peluang yang kamu ambil, fokus utama pemasarannya adalah dunia maya. Kenapa? Karena selama masa pandemi, kebanyakan orang lebih memilih untuk berdiam diri di rumah, dan memanfaatkan dunia maya untuk memenuhi kebutuhannya.

Kamu bisa menggunakan sosial media, dan aplikasi chatting sebagai corong promosi, sekaligus sebagai untuk memasarkan produk. Tapi ingat, jangan tergoda untuk melakukan hal-hal yang tidak produktif. Tetap fokus pada tujuan utama, yakni menghasilkan rupiah dari dunia maya.

  1. Pertimbangkan Untuk Jadi Freelancer

Sangat banyak potensi di dunia maya yang bisa kamu gali. Jika berjualan bukan passion kamu, cobalah untuk menjadi freelancer dengan memanfaatkan keahlian yang kamu miliki. Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu ambil, mulai dari penerjemah, membuat konten dan lainnya.

Yang perlu kamu lakukan hanya mencari situs-situs freelancer yang akan mempertemukan kamu dengan client yang membutuhkan keahlianmu. Kamu pun bisa bergabung dengan komunitas-komunitas bisnis online untuk belajar lebih banyak tentang menghasilkan uang dari internet.

Singkat kata, pandemi Covid-19 memang memberi dampak buruk bagi perekonomian. Tapi jika disikapi dengan positif, justru ini bisa jadi peluang bagi kamu untuk mengembangkan diri.