Belakangan ini Instagram tidak hanya digunakan untuk membagikan aktivitas harian berupa foto dan video saja, Instagram pun kini mulai dilirik banyak influencer karena bisa memberikan penghasilan yang cukup besar dari endorsement berbagai produk sponsor.

Namun untuk melakukannya, tentu saja kamu harus memiliki follower yang cukup, atau istilahnya masih dalam kategori selebgram. Memang tidak mudah dan butuh waktu yang lama, tapi kamu bisa mencobanya dengan melakukan beberapa trik mudah berikut ini.

  1. Memaksimalkan Akun Sosial Media

Tentu kamu punya akun sosial media lain, selain Instagram. Gunakan akun sosial media tersebut untuk meningkatkan jumlah follower di Instagram kamu. Ini penting, makin banyak followers yang kamu miliki, semakin tinggi kesempatan kontrak endorse yang bisa kamu dapatkan.

Caranya gampang. Kamu tinggal bagikan seluruh postingan kamu di akun sosial media lainnya, seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Jika kamu YouTuber, jangan lupa simpan link Instagram kamu di kolom deskripsi dan dorong subscriber untuk memfollownya.

  1. Rajin Upload Foto dan Video

Untuk menambah jumlah followers Instagram, kamu harus aktif memposting aktivitas terbaru, baik berupa konten foto, maupun video. Tapi ingat, pastikan konten yang kamu posting tidak melanggar aturan yang berlaku di Instagram.

Dalam beberapa kesempatan, kamu pun bisa melakukan siaran langsung terkait aktivitas kamu dan lainnya. Ingati, pastikan konten yang disajikan menarik dan tidak melanggar norma-norma kesopanan, dan tidak melanggar hukum. Ingat, jangan pernah tergoda mencari ‘sensasi murahan’.

  1. Perkenalkan Dirimu Sejak Dini

Meski followermu masih belum terlalu banyak, namun tidak ada salahnya untuk melakukan pendekatan dengan produk yang sedang kamu incar. Misalnya akun sosial media produk smartphone, makeup, dan lainnya. Citrakan dirimu sebagai pelanggan setia mereka.

Caranya, kamu bisa men-tag akun sosial medianya saat membagikan konten yang memperlihatkan produk mereka. Selain itu, kamu pun bisa memperkenalkan diri dan menawarkan endorsement kepada mereka. Untuk awal kerjasama, kamu bisa menawarkan harga yang bersaing.

  1. Adakan Giveaway

Sesekali bahagiakan followermu dengan memberikan giveaway. Nggak perlu mahal, kamu bisa memberikan T-Shirt custom dengan alamat akun Instagram kamu, aksesoris lucu atau produk lainnya yang bisa membuat mereka selalu ingat dengan Instagram kamu.

Nggak perlu banyak-banyak, cukup 2-3 hadiah dalam setiap minggunya dengan syarat mereka harus men-tag atau memperkenalkan akun Instagram kamu ke teman-teman mereka. Cara ini bukan hanya akan membahagiakan follower kamu, tapi juga berpotensi membuat follower meningkat.

  1. Aplikasi Edit yang Mendukung

Mengingat aktivitasmu di sosial media dan kamu harus tampil maksimal demi menarik perhatian banyak netizen. Mengandalkan filter dari smartphone saja tidak akan cukup, kamu harus belajar caranya menggunakan aplikasi editing, baik untuk video maupun foto.

Jika kamu tidak punya kemampuan tersebut, tidak ada salahnya meminta bantuan profesional untuk melakukannya. Agar tidak terlalu banyak mengeluarkan uang, kontrak mereka dalam harga paket. Misalnya fotografer, videografer dan editing untuk 100 konten, dan lainnya.