Belakangan ini banyak orang yang menjajal profesi sebagai YouTuber. Tidak hanya berkesempatan mendapatkan popularitas, konon katanya penghasilan YouTuber juga sangat tinggi lho. Bahkan mampu mencapai Miliaran per bulan.

Menurut data terbaru yang dirilis Social Blade, di tahun 2020 Deddy Corbuzier berhasil menyodok ke posisi pertama sebagai YouTuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia. Mentalis Indonesia tersebut diperkirakan mendapat penghasilan USD 29.100 – USD 465.900 per bulan.

Berikut merupakan deretan YouTuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia.

  1. Deddy Corbuzier, jumlah penghasilan sebesar USD 29.100 s/d USD 465.900, atau setara dengan Rp 428,18 juta s/d Rp 6,86 miliar.
  2. Baim Wong dan Paula Verhoeven (Baim Paula), dengan jumlah penghasilan sebesar USD 28.400 s/d USD 453.900, atau setara dengan Rp 417,88 juta s/d Rp 6,68 miliar.
  3. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Rans Entertainment), dengan jumlah penghasilan sebesar USD 28.000 s/d USD 447.800, atau setara dengan Rp 411,99 juta s/d Rp 6,58 miliar.
  4. Ria Ricis (Ricis Official), dengan jumlah penghasilan sebesar USD 26.300 s/d USD 420.600, atau setara dengan harga Rp 386,98 juta s/d Rp 6,19 miliar.
  5. Atta Halilintar, dengan jumlah penghasilan sebesar USD 25.700 s/d USD 411.800, atau setara dengan Rp 378,15 juta s/d Rp 6,06 miliar.

Gimana, fantastis banget kan? Itu penghasilan per bulan lho.Menariknya, jumlah penghasilan tersebut berpotensi terus meningkat seiring dengan banyaknya konten yang mereka unggah.

Dari Mana Sumber Penghasilan YouTuber?

Melihat penghasilan mereka yang sangat fantastis, tentu akan timbul pertanyaan, memang dari mana penghasilan mereka? Apakah murni dari YouTube saja, atau ada penghasilan penunjang lainnya yang membuat channel YouTube mereka bisa menghasilkan pendapatan dengan jumlah fantastis?

Nah mengenai hal ini, berikut merupakan beberapa sumber pendapatan YouTuber yang membuat mereka bisa mengumpulkan uang dengan jumlah fantastis.

  1. Adsense YouTube

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari channel YouTube, kamu harus bergabung dalam program Google Adsense. Namun untuk bisa bergabung dengan Google Adsense, butuh kriteria khusus diantaranya sudah punya minimal 4000 viewer dalam 1 tahun dan 1000 subscriber.

Untuk masa awal, mungkin penghasilan kamu tidak akan besar. Bahkan masih berada di angka 1 jutaan untuk bulan-bulan pertama. Namun seiring meningkatnya jumlah viewer dan subscriber, penghasilan kamu pun akan merangkak naik. Kuncinya adalah, kesabaran dan tetap hasilkan konten terbaik.

  1. YouTube Sponsorships

Program ini akan memberikan kamu penghasilan yang lumayan, 750 ribu per 1000 penonton. Cara kerjanya, brand produk tertentu akan membayar pihak YouTuber untuk menyisipkan video advertorial dalam video yang kamu buat.

Lagi-lagi, kamu yang terpilih dalam program ini harus menghasilkan video yang berkualitas. Selain itu, jangan lupa untuk terus meningkatkan jumlah viewers dan subscriber dengan cara aktif menyajikan konten terbaik dan mempromosikan setiap video ke platform sosial media.

  1. YouTube affiliate marketing

Cara kerja program ini cukup sederhana, yakni pengiklan akan membayar YouTuber lewat CTR, sementara tugas kamu hanya menyisipkan link dalam video yang ditampilkan. Penghasilan yang kamu dapat berasal dari komisi untuk setiap produk yang terjual lewat link yang kamu sisipkan.

Selain itu, ada beberapa penghasilan tambahan yang bisa kamu dapatkan dari YouTube, misalnya dengan menjadi brand ambasador produk tertentu, atau aktif melakukan promosi produk dalam setiap video yang kamu hasilkan. Untuk yang satu ini, penghasilannya sangat tinggi lho!